Selasa 25 Jan 2011 17:02 WIB

Kapal Roro Berpenumpang Kandas di Pulo Merak

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Siwi Tri Puji B
Kapal berlabuh di Merak (Ilustrasi)
Foto: infocilegon.blogspot.com
Kapal berlabuh di Merak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON—Sebuah kapal roll on–roll off (roro) Royal Nusantara kandas di Pelabuhan Indah Kiat, Pulo Merak, Cilegon, Selasa (25/1). Kapal yang mengakut penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, ini kandas karena diduga mengalami kerusakan mesin.

Sedikitnya 60 penumpang dan 36 kendaraan berbagai jenis yang ada di dalam kapal tersebut. Sebelum kandas, kapal rencananya akan melakukan bongkar muat di Dermaga IV Pelabuhan Merak.  Namun, kapal mengalami kerusakan mesin dan tidak dapat dikendalikan, sehingga kapal ini terumbang-ambing terbawa arus laut hingga sejauh satu kilometer dari Pelabuhan Merak dan kandas di sekitar Pelabuhan Indah Kiat.

Kapal tersebut langsung dievakusi dan ditarik dengan kapal tug boat ke tengah laut. Kemudian, kapal digiring hingga ke Dermaga IV untuk melakukan bongkar muatan.

Kepala Seksi Kesyahbandaran pada Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten, Thomas Chandra. mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan bawah laut untuk mengetahui kelayakan kapal. Setelah hasil pemeriksaan dikeluarkan, kapal tersebut tidak akan langsung diizinkan untuk melayani jasa penyeberangan. Tetapi, harus melalui percobaan berlayar terlebih dahulu. “Kalau ternyata baik-baik saja, maka akan dikembalikan ke lintasan untuk melayani jasa penyeberangan,” kata Thomas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement