Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Kesultanan Ternate Pamerkan Al-Quran Tertua Berusia 800 Tahun

Jumat 25 Feb 2011 14:02 WIB

Red: Didi Purwadi

Alquran,ilustrasi

Alquran,ilustrasi

Foto: guardian.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID,TERNATE - Kesultanan Ternate, Maluku Utara (Malut), akan memamerkan Al Quran tertua di Asia Tenggara yang berusia 800 tahun. Rencana tersebut akan digelar saat acara Legu Gam pada pertengahan Maret 2011.

"Kita akan mendatangkan Al-Quran yang ditulis di kayu ini dari Alor (Nusa Tenggara Timur). Al Quran milik Kesultanan Ternate dan dipamerkan ke masyarakat melalui Legu Gam," kata ketua panitia Legu Gam, Arifin Djafar, di Ternate, Jumat (25).

Dalam sejarahnya, Al Quran tertua itu dibawa oleh Sultan Babullah dalam menyebarkan agama Islam di Nusa Tenggara Timur. Daerah yang kala itu dikunjungi oleh Sultan Babullah saat ini berada di wilayah Kabupaten Alor.

Untuk mendatangkan Al Quran tertua tersebut ke Ternate, panitia juga telah berkoordinasi dengan Bupati Alor. Panitia menyampaikan bahwa Al Quran yang ditulis di kayu tersebut akan kita diambil dan dibawa pulang ke Ternate dalam waktu dekat ini.

Kesultanan Ternate, kata Arifin, telah mengutus Menteri Agama (Jou Kalem) Kesultanan Ternate, Ibrahim Muhammad, ke Alor melalui Jakarta pada 15 Maret 2011. Ibrahim mendapat misi mengembalikan Al Quran milik Kesultanan Ternate tersebut.

''Al Quran tersebut tersimpan di sebuah rumah yang sudah empat kali terbakar. Tapi, tempat Al Quran tertua ini masih tetap utuh,'' jelas Arifin.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA