Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

TNI AL Jamin Tak Akan Ada lagi Pulau Terluar yang Diklaim Negara Lain

Kamis 13 Jan 2011 01:24 WIB

Rep: M Ikhsan/ Red: Siwi Tri Puji B

Sipadan-Ligitan yang sudah bukan milik Indonesia lagi

Sipadan-Ligitan yang sudah bukan milik Indonesia lagi

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--TNI Angkatan Laut menjamin tidak akan ada lagi pulau-pulau terluar yang jatuh ke negara lain. Saat ini, TNI AL sudah mengamankan penjagaan ketat terhadap 12 pulau terluar. Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno dalam peringatan Hari Dharma Samudera, di Wisma Elang Laut, Rabu (12/1).

"Yakinlah pulau-pulau terluar itu tidak akan lepas lagi," kata Soeparno. Dia mengatakan, pulau-pulau yang sudah lepas ke negara lain itu memang prosesnya harus dilepas dan sudah melalui proses yang panjang di Mahkamah Internasional. Sebagai informasi, sengketa kepemilikan pulau yang melibatkan Indonesia di Mahmakah Internasional adalah kepemilikan Pulau Sipadan dan Ligitan yang akhirnya jatuh ke Malaysia.

Soeparno mengatakan, pulau terluar lain di luar 12 pulau yang dijaga oleh TNI AL tetap dipantau dan menjadi objek patroli. "Sampai sekarang kita terus beraksi, bahwa pulau terluar penting, yaitu 12 pulau itu sudah kita jaga, marinir sudah ke sana. Kalau pun ada yang belum, itu selalu kita patroli kapal-kapal kita," ujar Soeparno menegaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA