Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Perobekan Al Quran Perbuatan Sia-Sia

Senin 13 Sep 2010 07:34 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Membaca Alquran. Ilustrasi

Membaca Alquran. Ilustrasi

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Aksi perobekan Kitab Suci Al-Qur`an di depan Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat pada Sabtu (11/9), dilakukan oleh orang-orang yang kehilangan rasionalitas dan akal sehat.

Pendapat itu disampaikan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Kudang Boro Seminar, Minggu (12/9) di Bogor. Keenam aktivis yang melakukan perobekan Al-Qur`an, menurut dia, melakukan perbuatan yang tidak ada gunanya.

"Perbuatan sia-sia yang hanya menimbulkan kebencian," terang Prof Kudang Boro Seminar. Kudang dikenal sebagai salah seorang yang "hafizh" atau hapal Al-Qur`an 30 juz penuh.

Selain itu, guru besar Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB tersebut juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki pemahaman mendalam terhadap kandungan Al-Qur`an.

Lebih lanjut Prof Kudang Boro Seminar yang juga sebagai direktur Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi IPB mengemukakan, Al-Qur`an diturunkan sebagai rahmat dan pengobat hati bagi umat manusia.

"Al-Qur`an diturunkan ke muka bumi sebagai rahmat dan petunjuk jalan bagi umat manusia. Mereka yang melakukan perobekan Al-Quran kurang memahami ajaran yang terkandung dalam Al-Qur`an," papar Prof Kudang Boro Seminar.

Prof Kudang Boro Seminar meyakini, bila para pelaku perobekan Al-Qur`an memahami ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur`an, mala mereka tidak akan melakukan perbuatan tercela tersebut.

Prof Kudang mengemukakan, aksi perobekan Al-Qur`an tersebut tidak akan membawa kerugian baik bagi Islam maupun umat Islam. Kerugian justeru hanya akan dialami oleh mereka yang membenci Al-Qur`an.

Prof Kudang lantas merujuk sebuah ayat dalam Al-Qur`an, yang artinya: "Dan kami turunkan Al-Qur`an sebagai pengobat (hati) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Dan bagi orang-orang yang berlaku dzalim terhadap Al-Qur`an tidak akan mendapatkan apa pun kecuali kerugian."

Menurut Prof Kudang Boro Seminar, aksi perobekan Al-Qur`an di Amerika hanya akan merugikan bangsa Amerika serta merugikan umat atau agama para pelaku aksi tersebut.

Sumber : Ant
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB