Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Gus Ipul Tak Setuju Razia Ponsel di Sekolah

Jumat 18 Jun 2010 03:49 WIB

Rep: Asan Haji/ Red: Siwi Tri Puji B

Gus Ipul

Gus Ipul

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul menyesalkan sekolah-sekolah yang melakukan razia ponsel hanya untuk mengetahui siswa yang menyimpan video mesum mirip artis. Dia menjelaskan bahwa cara tersebut kurang tepat.

Menurut dia, yang tepat adalah guru dan orang tua selalu memperhatikan perilaku anak dan pelajar itu.  "Jangan malah dirazia HP-nya. Yang harus dilakukan justru didampingi dan dibimbing. Sehingga mereka itu tidak terpengaruh maraknya video mesum mirip artis tersebut,’’ jelasnya.

Menurut dia, razia ponsel yang marak di sejumlah daerah itu justru membuat para pelajar takut. Namun, bisa saja mereka malh menjadi semakin penasaran. Sehingga, mereka mencari untuk mengetahui sendiri.

Kondisi yang semacam itu, kata dia, justru akan lebih berbahaya. Alasannya, psikologis pelajar juga terganggu. Apalagi jika razia dilakukan saat jam pelajaran.

Untuk itu, dia menyarankan para guru memberikan pengertian para pelajar agar tak menyimpan video mesum yang tak berguna dan merusak moral itu.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah tak bisa membatasi para pelajar mengunduh video mesum itu. Sebab, kata dia, siapapun bisa mengakses internet tanpa batas. Maka satu-satunya cara, adalah membentengi anak dan memberi pengertian padanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA