Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Siswa Indonesia Sabet 6 Emas di ICYS 2009

Rabu 29 Apr 2009 02:40 WIB

Red:

JAKARTA -- Siswa-siswa Indonesia kembali mengharumkan nama Indonesia dengan meraih enam emas, satu perak, dan tiga perunggu dalam lomba penelitian dan presentasi tingkat dunia atau International Conference of Young Scientists (ICYS) 2009 di Polandia 24-28 April. ICYS adalah suatu kompetisi bagi siswa SMA untuk melakukan penelitiannya sendiri di negara masing-masing lalu mempresentasikan di depan para juri.

''Mereka yang mampu mempresentasikan hasil karyanya dengan baik akan mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu,'' ujar pendiri Surya Institute, Prof Yohanes Surya, Selasa (28/4).

Menurut Surya, dua emas dihasilkan melalui bidang fisika oleh Guinandra Lutfan Jatikusumo (SMA Taruna Nusantara) dengan penelitiannya 'Electrostatic Precipitator as The Solution of Military Tank's Smoke Negative Effects (Menghilangkan asap dan debu dari Tank perang)' dan Idelia Chandra (SMA St Laurensia) dengan penelitiannya 'Balinese Gamelan: a Brainwave Synchronizer? (Meneliti perbedaan suara secara fisika dalam Gamelan Bali)'.

Emas lainnya di bidang komputer oleh Nugra Akbari (SMA Global Mandiri) dengan penelitiannya 'M-Batik: The Computation of Indonesia's Dying Tradisional Batik Design (Batik dapat didesain lewat fractal)'. Kemudian tiga emas ekologi, J Karli (SMA Cita Hati) dengan penelitiannya 'Durian to Fight Mosquito (Durian ternyata bisa membunuh nyamuk)', lalu Gabriella Alicia Kosasih (SMA St Laurensia) dengan 'An Agent for Remedy of Oil Pollution (Ternyata bakteri bisa memutus rantai molekul oli, sehingga mudah dihancurkan tanah)', dan Fernanda Novelia (SMA Petra 3) dengan 'Control Using Trichogramma Japonicum as Egg Parasite (Cara mengontrol hama dengan cara efektif)'.

Surya mengakui, peminat ICYS belum terlalu banyak. Namun diharapkan, tahun-tahun mendatang lebih banyak. ''Sekolah-sekolah terutama sekolah negeri diharapkan bisa lebih banyak mendorong siswa-siswanya untuk melakukan penelitian dan mengirimkan hasil karyanya untuk ikut ICYS,'' jelasnya. - eye/ahi

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA