Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Abhisit : Pengungsi Rohingya adalah Masalah Regional

Ahad 22 Feb 2009 07:13 WIB

Red:

JAKARTA--PM Thailand, Abhisit Vejjajiv menegaskan bahwa permasalahan pengungsi Rohingya bukan hanya merupakan masalah Thailand saja tetapi menjadi masalah kemanusiaan bersama. ''Ini merupakan masalah kemanusiaan regional, yakni melibatkan negara asal, negara transit dan negara tujuan para pengungsi,'' kata Abhisit saat menjawab pertanyaan wartawan di acara konferensi pers kunjungan singkatnya di Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Sabtu (21/2).

Dalam rangka mencari solusinya perlu kerja sama regional antara negara-negara tersebut. ''Sehingga kita bisa menemukan solusi bersama,'' papar Abhisit. Disebutkan, dalam pembicaraannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai masalah ini, keduanya sepakat bahwa Bali Process bisa digunakan untuk proses penyelesaian masalah ini. 

Abhisit menjelaskan, pemerintahannya sudah memperlakukan para pengungsi tersebut sesuai dengan HAM. Sementara mengenai tuduhan pelanggaran HAM yang dilakukan aparat Thailand, saat ini lanjut dia pemerintahannya tengah menyelidiki kasus tersebut. ''Jika terbukti adanya pelanggaran, saya sudah tegaskan maka yang bersalah harus dihukum,'' kata dia. 

Namun sejauh ini lanjut Abhisit pemerintahnya belum menemukan bukti pelanggaran seperti yang dituduhkan.''Jika media internasional punya bukti hendaknya diserahkan ke pemerintah kami atau ke Komnas HAM internasioanl.'' Abhisit pun menjamin para pengungsi Rohingya tersebut mendapatkan perlakuan yang manusiawi sesuai dengan hak asasinya sebagai manusia.

Sementara itu mengenai konflik atau pun pelanggaran HAM yang terjadi di provinsi Thailand Selatan lanjut dia sudah ditangani dengan serius. Saat ini lanjut dia hukum dijalankan. ''Angkatan bersenjata pun sudah paham dan bisa menerima bahwa jika ada yang melakukan pelanggaran maka harus dihukum.'' 

Abhisit mencontohkn kasus seorang pemimpin kelompok yang meninggal dalam tahanan. Di mana diketahui bahwa dia meninggal akibat siksaan oleh beberapa aparat. ''Dan sekarang para petugas itu tengah menjalani persidangan.'' cep/fif

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA