Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Dewa Bratalegawa Orang Islam Pertama di Jawa Barat

Sabtu 20 Sep 2008 06:21 WIB

Red:

BANDUNG -- Berdasarkan naskah carita (sejarah) Parahyangan (karangan Soleh Darmasasmita tahun 1980), orang yang pertama kali memeluk agama Islam ialah seorang keturunan Raja dari Kerajaan Galuh, Ciamis, bernama Dewa Bratalegawa.

Ketua Jurusan Sejarah Peradaban Islam Univbersitas Islam Negeri Bandung, Setia Gumilar MSi, Jumat, di kampus universitas itu menuturkan, Dewa Bratalegawa adalah seorang saudagar asal Indonesia yang hijrah ke Arab Saudi dan memeluk agama Islam serta menikah dengan wanita Arab bernama Farhana Binti Muhammad.

Setelah memeluk Islam dan menikah, Bratalegawa kembali ke Tanah Air dan mulai menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat pada abad ke 14 tepatnya tahun 1337 M.

Dari sanalah, Bratalegawa mulai menyebarkan ajaran Islam (berdakwah) dengan mengajak adik (Ratu Banawati)serta kakaknya (Giri Dewanti) untuk memeluk agama Islam. Namun kedua saudara kandungnya itu menolak untuk memeluk Islam.

Dikatakannya, walaupun kedua saudara Bratalewaga menolak ajakannya, namun hal itu tidak mematahkan semangat Bratalegawa untuk menyebarkan ajaran Islam, khususnya Di jawa barat.

Malah ia mulai mengajak rakyat dari kerajaan Cirebon Girang yang juga daerah kekuasaan Kerajaan Galuh Ciamis untuk memeluk agama Islam.

Pola Akulturasi atau memadukan ajaran Islam dengan kebudayaan masyarakat setempat, digunakan Bratalegawa sebagai alat untuk menyebarkan Islam ke masyarakat saat itu, katanya. ant/is

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES