Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Tiga Sungai di Depok Tercemar

Jumat 18 Mar 2011 13:00 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, PANCORAN MAS - Sebanyak tiga sungai di Kota Depok tercemar oleh limbah. Limbah-limbah tersebut berasal dari limbah rumah tangga yang tinggal di sepanjang aliran sungai.

Tiga sungai tersebut adalah Sungai Cipinang, Kalibaru 1, dan Kalibaru 2. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, Rahmat Subagio, mengatakan pencemaran sungai tersebut sudah melebihi ambang batas sungai tercemar. Penyebabnya, masyarakat di sepanjang aliran sungai sering kali membuang limbah keluarga di sungai.

“Ketiga sungai ini memang sudah melebihi ambang pencemaran. Masyarakat di sekitar banyak yang membuang sampah dan mengalirkan limbah keluarga ke sungai tersebut. Akibatnya sungai tidak dapat lagi digunakan untuk keperluan sehari-hari,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup, Rahmat Subagio, Jumat (18/3).

Pencemaran ini sudah berusaha diatasi oleh BLH dengan cara membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dengan pemakaian IPAL ini, air sungai disaring beberapa kali sehingga air sungai yang mengalir melalui saluran IPAL menjadi lebih jernih.

“Sistem IPAL yang kita pakai masih sederhana, namun setidaknya kita sudah berusaha untuk mengurangi pencemaran air. IPAL ini sudah diterapkan di beberapa sungai yang padat penduduk di Kota Depok, seperti di daerah Cimanggis,” lanjut Rahmat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA