Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Kali Pertama PKS Dukung Wanita Jadi Kepala Daerah

Ahad 15 Aug 2010 00:44 WIB

Rep: c25/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN--Untuk kali pertama, PKS (Partai Keadilan Sejahtera) mengusung wanita dalam pencalonan kepala daerah. PKS mendukung Airin Rachmi Diany sebagai calon wali kota Tangerang Selatan dalam Pemilukada Kota Tangsel pada November 2010 mendatang.

Airin Rachmi Diany akan berpasangan dengan Benyamin Davni sebagai wakil wali kota. Airin adalah adik ipar dari Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. Airin sebelumnya juga pernah diusung PKS pada Pemilukada Kabupaten Tangerang 2007 lalu namun tidak sebagai calon bupati melainkan calon wakil bupati berpasangan dengan Jazuli Juwaeni (anggota DPR dari PKS).

keputusan PKS mengusung Airin sebagai pemimpin banyak menimbulkan pertanyaan. Hal ini lantaran  persoalan seorang wanita sebagai pemimpin masih menjadi perdebatan dalam kajian agama Islam.

Menurut Ruhamaben, ketua DPD PKS Kota Tangsel sekaligus sebagai wakil ketua DPRD Kota Tangsel,  Dewan Syariah Pusat PKS telah memperbolehkan seorang wanita menjadi pemimpin. Namun, lingkup kepemimpinannya hanya bersifat lokal dan kedaerahan. "Jadi kita tidak akan mendukung wanita menjadi pemimpin nasional," kata Ruhamaben saat deklarasi pencalonan Airin-Benyamin di Gedung Puspiptek, Kota Tangsel, Sabtu (14/8).

Selain itu, sejak beberapa bulan sebelum resmi mendukung Airin, Ruhamaben mengatakan telah melakukan proses penjaringan internal. Menurut dia, dari proses penjaringan tersebut, Airin layak didukung maju sebagai calon wali kota Tangsel periode 2010-2015.

"Kita kan melihat sosok Airin yang disukai oleh masyarakat," jelas Ruhamaben. Meski Airin bukan merupakan kader PKS, namun Ruhamaben mengaku tidak bisa mengesampingkan dukungan dari masyarakat banyak yang akan memilih Airin.

Ruhamaben menambahkan, PKS telah membuat kontrak politik dengan pasangan Airin-Benyamin. Menurut dia, beberapa kontrak politik yang disepakati --jika pasangan tersebut berhasil menjadi wali kota dan wakil wali kota-- adalah membentuk pemerintahan bersih yang berorientasi pelayanan publik dan meningkatkan pelayanan pendidikan.

"Namun yang lebih terpenting adalah mereka harus mendukung dakwah Islam di Kota Tangsel ini," ucap Ruhamaben. Selain mendapat dukungan dari PKS, pada pemilukada ini Airin mendapat dukungan dari partai politik lainnya, yakni Partai Golkar, PDIP, Partai Demokrat, PKB, PKS, PPDI, PKPI, dan PDS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA