Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

SMS Memuat Daftar Minuman Berbahaya Menyebar, IDI Membantah

Kamis 18 Mar 2010 22:40 WIB

Red: Ririn Sjafriani

JAKARTA--Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membantah telah mengeluarkan pernyataan soal beberapa jenis merek minuman yang dikabarkan mengandung Aspartam, pemanis buatan yang lebih keras dari biang gula.

Pernyataan tersebut beredar lewat pesan singkat melalui ponsel dan surat elektronik, yang berisi minuman dengan produk Extra Joss, M-150, Kopi Susu Gelas, Kiranti, Kratingdaeng, Hemaviton, Marimas, Frutillo, Segar Sari, Pop Ice, Segar Dingin Vit C, Okky Jelly Drink, Inaco, Gatorade, Nabati, Adem Sari, Naturade Gold, Aqua Splash Fruit mengandung Aspartame, racun yang menyebabkan diabetes, kanker otak dan bisa mematkan sumsum tulang.Diakhir pesan tertulis, Dr. H. Ismuhadi, MPH.

Menanggapi kabar yang beredar tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PBIDI), Dr. Prijo Sidipratomo melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis (18/3) menyatakan, berita tersebut bukan berasal dari IDI atau PBIDI.

"Setiap pernyataan resmi dari PBIDI dikeluarkan secara tertulis dengan menggunakan kop surat resmi organisasi dan ditandatangani Ketua Umum atau Sekretaris Jenderal," ujar Prijo.

Prijo menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak mudah percaya dengan kabar yang belum terbukti kebenarannya dan untuk mau melakukan pengecekan terhadap kebenaran berita tersebut ke IDI atau Dinas Kesehatan setempat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA