Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Obama Harap Oposisi Mampu Gulingkan Qaddafi

Rabu 23 Mar 2011 12:56 WIB

Red: Didi Purwadi

Barack Obama

Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON - Dengan dukungan miiter dari pasukan internasional, oposisi Libya diharapkan mampu menggulingkan Muammar Qaddafi. Demikian kata Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dalam sebuah wawancara di jaringan berita CNN.

"Qaddafi mungkin mencoba untuk bersembunyi dan menunggu untuk keluar meskipun ia menghadapi sebuah wilayah larangan terbang. Meski, pasukannya telah semakin melemah," kata Obama. "Namun, camkan bahwa kami tidak hanya menggunakan jalan militer dalam ketetapan kami guna mengupayakan mundurnya Qadafi. Kami menerapkan sanksi internasional yang kuat, kami membekukan asetnya, kami akan terus melakukan tekanan menyeluruh terhadapnya."

Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, dalam sebuah wawancara dengan ABC News mengatakan bahwa Qaddafi tengah "mempelajari" cara yang tepat untuk mundur. "Dan, kami akan mendukung hal itu," kata Hillary.

Ia tidak mengonfirmasi beberapa laporan media yang menyebutkan bahwa seorang anak Qaddafi telah meninggal. Bukti-bukti yang ada belum cukup untuk menyimpulkannya.

Negara anggota NATO termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Prancis terus melancarkan serangan udara terhadap pasukan pemimpin Libya Muammar Qaddafi. Televisi pemerintah Libya melaporkan sejauh ini sedikitnya 60 warga sipil telah tewas dalam serangan itu.

sumber : ANTARA/RIA Novosti-OANA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA