Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Muammar Kadhafi Punya Saham di Belanda

Rabu 23 Feb 2011 21:49 WIB

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,Pimpinan Libya Muammar Kadhafi punya sejumlah saham di Belanda. Perusahaan minyak negara Libya, Tamoil yang berkantor di Ridderkerk, memiliki 160 SPBU. Demikian penelitian harian de Volkskrant.

Tamoil merupakan anak perusahaan Oilinvest yang berkantor pusat di Monaco dan punya cabang di sejumlah negara Eropa lain. Perusahaan bergerak di bidang perdagangan minyak mentah dan produk olahan, serta transportasi, pengilangan, penyimpanan dan distribusi minyak. Selain itu perusahaan juga menjalankan sejumlah kegiatan pemasaran dan penjualan pelumas.

Juventus
Di alamat yang sama di Ridderkerk, sebuah perusahaan tercatat menambang gas dan minyak di Libya, Prancis dan Kanada untuk Khadafi. Kantor tersebut punya 35 karyawan. Tamoil meraih laba besih 26 juta euro di tahun 2009.

Sebagian besar kekayaan Kadhafi lain berada di Italia, yang sebelumnya merupakan koloni. Tamoil merupakan salah satu pemain besar di pasar bahan bakar. Kadhafi juga punya saham di salah satu bank terbesar Italia, UniCredit dan fabrikan peralatan perang Finmeccanica. Selain itu, walaupun jumlahnya tidak besar, Khadafi juga punya saham di klub sepak bola Juventus.

60 Miliar
Seluruh kepentingan bisnis Khadafi dilaksanakan lewat perusahaan investasi Libya, Arab Jamahiriya, yang sejak tahun 1969 dipimpin Khadafi. Volkskrant memperkirakan jumlah kekayaan Khadafi mencapai 60 miliar euro. Sekitar 40 miliar-nya berada di Libya.

sumber : RNW/AFP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA