Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Evakuasi WNI dari Mesir, TNI Siapkan Lima Hercules dan Paskhas

Selasa 01 Feb 2011 14:14 WIB

Red: Johar Arif

Hercules C 130 milik TNI AU

Hercules C 130 milik TNI AU

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-TNI menyiapkan tim untuk mengevakuasi Warga Negara Indoonesia yang terjebak kisruh politik di Mesir. Wakil Asisten Operasi Kasau Marsekal Pertama TNI Bambang Soelistyo di Jakarta, Selasa, mengatakan, tim terdiri atas personel Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara dan lima pesawat angkut C-130 Hercules.

Ia mengatakan, Paskhas yang disiapkan dibagi tiga kelompok, terdiri atas kelompok 15 bertugas sebagai Komando Pengendali (Kodal), kelompok 42 sebagai Tim Inti dalam evakuasi, dan kelompok 45 sebagai "Ground Handling".

"Seluruh personel tersebut terdiri dari Paskhas Detasemen Bravo-90 dan Paskhas yang sudah berpengalaman dalam misi PBB. Semuanya siap diberangkatkan, menunggu keputusan Mabes TNI," kata Bambang, menegaskan.

Ia menambahkan, Tim Evakuasi TNI AU dipimpin Komandan Tim Kolonel Psk. Rolland D.G. Waha dan Komandan Detasemen Bravo-90 Letkol Psk. M. Juanda. Selain personel berkemampuan khusus, TNI Angkatan Udara juga menyiapkan lima pesawat angkut C-130 Hercules. "Terdiri atas tiga pesawat dari Skadron Udara 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma dan dua pesawat dari Skadron Udara 32 Wing II Lanud Abdulrachman Saleh Malang," papar Bambang.

TNI, Senin, telah mengirimkan tim pendahulu ke Mesir yang dipimpin Wakil Kasau Marsdya TNI Sukirno yang ditunjuk Presiden Yudhoyono sebagai "Post Commander Satuan Tugas Evakuasi WNI.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan evakuasi sekitar 6.000 WNI di Mesir, melalui udara. Evakuasi dapat dilakukan menggunakan pesawat komersial maupun militer.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA