Selasa 14 Dec 2010 04:13 WIB

Kapolda Bilang tak Ada Teroris yang 'Berlindung' di Aceh

Kapolda Aceh Irjen (Pol) Fajar Prihantoro
Kapolda Aceh Irjen (Pol) Fajar Prihantoro

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH--Kepala polisi daerah (Kapolda) Aceh Irjen (Pol) Fajar Prihantoro mengatakan, sejauh ini tidak ada anggota teroris, termasuk anak buah Abu Tholut yang bersembunyi di wilayah hukumnya. "Sampai hari ini, (Senin, 13/12) tidak ada laporan tentang adanya para tersangka teroris di Aceh," katanya usai mengikuti pembukaan masa persidangan VI 2010 DPRA di Banda Aceh, Senin (13/12).

Kendati demikian, Kapolda Fajar Prihantoro meminta jajaran dan masyarakat Aceh tetap waspada, terhadap aksi-aksi terorisme di provinsi tersebut. Para tersangka teroris pernah menjadikan salah satu daerah pegunungan di Kabupaten Aceh Besar, sebagai lokasi pelatihan gerakan bersenjata kelompok teror tersebut.

"Menyikapi masalah teroris itu perlu sikap waspada dan lebih waspada. Kami berharap peran serta masyarakat membantu kepolisian dalam upaya mengungkapkan aksi kriminal di daerah ini," kata dia.

Dipihak lain, Kapolda Aceh menegaskan situasi keamanan secara umum di wilayahnya hingga saat ini kondusif. "Meski ada beberapa kejadian, namun situasinya secara umum cukup kondusif. Kita berharap situasi keamanan yang kondusif ini terus dipertahankan," katanya.

Terkait dengan pengamanan natal dan pergantian tahun 2010-2011, Fajar Prihantoro menjelaskan jajaran kepolisian akan mengerahkan dua per tiga (2/3) kekuatan, termasuk pengerahan aparat Brimob. "Saat ini kita sedang menjalankan operasi dengan sandi 'Lilin Rencong' yang merupakan rangkaian pengamanan sejak Idul Fitri, Idul Adha," kata dia.

Kapolda menjelaskan, sejumlah lokasi keramaian seperti gereja dan tempat-tempat wisata menjadi perhatian aparat kepolisian untuk diamankan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement