Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Rudjito: Bank Mutiara Untung Rp 259 Miliar

Rabu 20 Jan 2010 08:33 WIB

Red: taufik rachman

JAKARTA--Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Rudjito mengatakan Bank Mutiara (dahulu Bank Century) yang diberikan dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun saat ini telah menjadi bank sehat.

"Saat ini program penyehatan Bank Mutiara masih berjalan," ujarnya dalam menjawab pertanyaan anggota panitia angket di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa. Pernyataan Rudjito diungkapkan dalam menjawab pernyataan anggota panitia angket dari Fraksi Demokrat mengenai kondisi Bank Mutiara saat ini dan keterkaitan dengan para nasabah lama Bank Century.

"Pada Desember kalau dibandingkan neraca 20 November, Bank Mutiara rugi Rp 7,5 triliun, namun secara keseluruhan 2009 menghasilkan laba Rp 259 miliar dengan awalnya modal ekuiti minus Rp6,6 triliun sekarang positif Rp 452 miliar," ujar manta Dirut Bank BRI ini.

 

Ia juga mengatakan saat ini rasio kecukupan modal (CAR) Bank Mutiara mencapai 10,4 persen dengan Giro Wajib Minimum (GWM) 5 persen. Bank Mutiara yang saham kepemilikannya dimiliki LPS sebesar 99,6 persen juga akan menambah nasabah baru setelah dipegang oleh manajemen baru.

"Bank Mutiara akan mempertahankan nasabah lama dan mencari nasabah, deposan dan debitur baru sehingga akan meningkatkan performa dan menambah modal bank," ujarnya.

Rudjito menambahkan untuk tahun ini Bank Mutiara akan menargetkan laba sebesar Rp350 miliar.

Kepala Eksekutif LPS Firdaus Djaelani, terkait dengan dana talangan juga mengatakan bahwa berdasarkan Undang-undang (UU) penanaman modal sementara (PMS) akan dikembalikan dalam tiga tahun. "Jika dalam tiga tahun Bank Mutiara belum terjual masih diberi kesempatan dua kali satu tahun. Jika belum terjual maka dilepas dengan harga terbaik," kata Firdaus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB