Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Perumnas Telah Bangun 500 Ribu Rumah

Jumat 17 Jul 2009 03:44 WIB

Red:

BOGOR--Perum Perumnas hingga kini telah membangun lebih dari 500 ribu unit rumah di seluruh Indonesia. Sekitar 80 persen dari jumlah itu  adalah rumah sederhana sehat (RSH) yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Direktur Keuangan dan SDM Perum Perumnas,  Hakiki Sudrajat, mengatakan dalam usianya yang ke-35 tahun ini, Perumnas telah membangun  sekitar 500

ribu rumah di seluruh Indonesia. Rumah sebanyak itu dibangun di 300 kota di seluruh Indonesia.

“Sekitar 80 persen dari rumah yang dibangun Perumnas adalah rumah sederhana sehat atau RSH yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah,”  katanya kepada wartawan di Parung Panjang, Bogor, Kamis (16/7). Menurut Hakiki, sejak 1974, Perumnas telah membangun sejumlah kota baru dan kawasan yang dulu  terbelakang namun kini memiliki perkembangan pesat. Contohnya Depok,  Karawaci,  Bekasi,  Klender, dan daerah-daerah lain diseluruh Indonesia.

Dengan Perumnas membangun wilayah-wilayah baru tersebut,  sendi-sendi ekonomi di sana ikut mengalami pertumbuhan yang  pesat.”Bisa dikatakan Perumnas merupakan pelopor pembangunan  kota dan kawasan-kawasan baru di Indonesia. Dengan adanya Perumnas maka wilayah-wilayah tersebut kini mengalami pertumbuhan yang pesat,” imbuh Hakiki.

Selain rumah landed house, tuturnya, kini Perumnas juga membangun rumah susun sederhana milik (rusunami) di Jakarta dan Bekasi. Lokasinya antara lain di Cengkareng Jakarta Barat, Pulogebang Jakarta Timur, Kemayoran Jakarta Pusat, dan Bekasi. Respon  pasar terhadap rusunami yang dibangun tersebut cukup baik. Ini terlihat dari  banyaknya masyarakat yang ingin membeli  unit rusunami yang dibangun tersebut.”Dan hingga kini hanya rusunami yang dibangun Perumnas lah yang sudah  melakukan serah terima unit kepada pembeli. Yaitu rusunami City  Park di Cengkareng Jakarta Barat,” papar Hakiki.

Ke depan, Perumnas akan tetap mengembangkan RSH dan rusunami bagi masyarakat menengah ke bawah. Apalagi land bank yang dimiliki Perumnas masih cukup banyak. Antara lain di Kota Kekerabatan Maja (KKM) seluas 303 hektar, Bumi Parung Panjang seluas 618 hektar, serta di wilayah lainnya. “Perumnas ditugasi oleh negara untuk membangun rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah. Di Jabodetabek ini difokuskan di Perumahan Bumi Parung Panjang Bogor. Ke depan ini akan terus kami kembangkan sebagai aspek sosial. Namun kami juga akan mengembangkan rumah-rumah komersial,” paparnya.

Sementara itu, General Manager Perumnas Regional III, Aucke Aulia, menambahkan, dalam rangka peringatan hari jadi yang ke-35 tahun ini, Perumnas menyelenggarakan berbagai kegiatan. Antara lain pengobatan gratis yang dilakukan di Perumahan Bumi Parung Panjang Bogor.

Sasaran pengobatan ini adalah para penghuni kompleks perumahan tersebut dan warga sekitar.”Pengobatan gratis ini diikuti  250 orang. Dari jumlah itu 150 orang merupakan penghuni Perumahan Bumi Parung Panjang dan 100 orang merupakan masyarakat sekitar,” ujarnya. Pengobatan gratis ini, lanjut Aucke, merupakan bentuk  kepedulian Perumnas terhadap masyarakat. Kegiatan ini juga  wujud kepedulian untuk menciptakan pemukiman dan perumahan yang sehat dan nyaman.

“Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan perlu dijaga mulai dari lingkungan rumah hingga tempat kerja.Dengan kesehatan yang prima maka produktivitas kita bisa meningkat. Karena itulah kami menyelenggarakan kegiatan pengobatan gratis ini,” jelas Aucke. jar/pur

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA