Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Bea Cukai Pekanbaru Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal

Kamis 29 Aug 2019 17:05 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Bea Cukai Pekanbaru kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal.

Bea Cukai Pekanbaru kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal.

Foto: Bea cukai
Sebanyak lebih dari satu juta batang rokok ilegal berhasil diamankan dari penindakan

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU – Bea Cukai Pekanbaru kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal. Sebanyak lebih dari satu juta batang rokok ilegal berhasil diamankan dari penindakan yang dilakukan pada Jumat (23/8) di beberapa titik lokasi yang berbeda, yaitu di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru, Prijo Andono mengungkapkan kronologi penindakan tersebut. Berawal dari informasi masyarakat bahwa akan melintas sarana pengangkut membawa rokok ilegal yang disinyalir berasal dari Tembilahan menuju Pekanbaru, Bea Cukai Pekanbaru menindaklanjuti informasi tersebut dengan menurunkan 4 tim untuk menuju lokasi.

Baca Juga

Bea Cukai melakukan pencarian target serta penjagaan jalur yang memungkinkan akan dilintasi oleh sarana pengangkut tersebut. Target akhirnya berhasil ditemukan satu persatu di 3 lokasi yang berbeda, yaitu pada satu lokasi di Kabupaten Kampar dan dua lokasi di Kota Pekanbaru. 

"Selanjutnya target dilakukan pemeriksaan dan penindakan dan ditemukan puluhan karton pada setiap mobil target,” ungkap Prijo.

Atas penindakan tersebut petugas Bea Cukai Pekanbaru berhasil mengamankan empat buah mobil minibus yang mengangkut total 109 karton rokok ilegal. Barang bukti saat ini telah diamankan di Kantor Bea Cukai Pekanbaru untuk diperiksa dan diteliti lebih lanjut.

Sejumlah 1.090.000 batang rokok tanpa pita cukai berhasil diamankan. Potensi keuangan negara di bidang cukai yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 403.300.000.

"Bea Cukai Pekanbaru akan terus berkomitmen menggempur rokok ilegal dengan berbagai upaya. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi amanat Menteri Keuangan untuk menekan terus peredaran rokok ilegal demi keselamatan bangsa dan negara,” kata Prijo.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler