Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Bea Cukai dan Forum Supply Chain Bahas Program Reformasi

Rabu 09 Aug 2017 22:45 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengundang Anggota Forum Supply Chain Indonesia dalam acara Breakfast Meeting di Kantor Pusat Bea Cukai, Selasa (8/8).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengundang Anggota Forum Supply Chain Indonesia dalam acara Breakfast Meeting di Kantor Pusat Bea Cukai, Selasa (8/8).

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Forum Supply Chain Indonesia bersama Direktorat Jendral Bea Cukai membahas program reformasi. Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengundang Anggota Forum Supply Chain Indonesia dalam acara Breakfast Meeting di Kantor Pusat Bea Cukai, Selasa (8/8). 

Heru Pambudi berharap melalui acara ini para pelaku usaha dapat lebih memahami program terobosan Bea Cukai. “Melalui acara ini, anggota Forum Supply Chain Indonesia dapat memahami program-program terobosan, seperti program penguatan reformasi kepabeanan dan cukai, Penertiban Importir Berisiko Tinggi (PIBT), progress Pusat Logistik Berikat (PLB), dan e-commerce. Selain itu, kami harapkan adanya pola komunikasi yang konstruktif antara Bea Cukai, asosiasi, dan para pelaku usaha dalam rangka meningkatkan kinerja Bea Cukai dan perekonomian Indonesia,” ujar Heru.
 
Para pengusaha yang tergabung dalam Forum SCI dalam acara ini bebas memberikan masukan atas permasalahan yang terjadi di lapangan, khususnya terkait kepabeanan dan cukai untuk nantinya dijadikan sebagai masukan dan solusi.
 
Tak hanya mengundang pelaku usaha dan anggota asosiasi logistik dan forwarding, dalam pertemuan ini juga hadir pihak akademisi, seperti perwakilan dari Lab System Modelling, Universitas Pelita Harapan, tim peneliti STMT Trisakti, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Pos Indonesia, dan Poltek Pos Indonesia. Salah seorang perwakilan dari pihak akademisi, Didit, mengungkapkan bahwa pembenahan sistem logistik seharusnya dimulai dari pendidikan.
 
“Setelah 18 tahun berkecimpung di dunia logistik, saya berpendapat bahwa pembenahan sistem logistik kita harus dimulai dari hulu, yang dalam hal ini adalah pendidikan," kata Didit.
 
Dia menuturkan Konseling pertama terkait logistik harus dimulai dari kampus, dimana di beberapa kampus sudah ada jurusan logistik. Namun memang kadang agak kesulitan untuk mendapatkan informasi langsung dari praktisi atau pemerintah sebagai penyusun regulasi. "Mungkin kami bisa datang ke lapangan sebagai alternatif untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang apa yang dipelajari di kampus,” ujarnya.
 
Menanggapi usulan ini, Heru Pambudi mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh program edukasi masyarakat, khususnya para pelajar dan mahasiswa. “Hal ini merupakan concern utama Bea Cukai, yaitu dengan mengedukasi pelajar dan mahasiswa akan tugas pokok dan fungsi Bea Cukai, serta prosedur impor dan ekspor yang sesuai dengan aturan. Pendidikan logistik memang harus dilakukan,” kata Heru.
 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler