Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Jokowi Resmikan Pos Lintas Batas di Jayapura

Selasa 09 May 2017 19:03 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Presiden Joko Widodo meresmikan pos lintas batas di Jayapura.

Presiden Joko Widodo meresmikan pos lintas batas di Jayapura.

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan satu lagi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang terletak di Skow, Jayapura. Peresmian PLBN ini merupakan serangkaian kunjungan Lintas Nusantara di Papua. Kunjungan Lintas Nusantara yang dilaksanakan dalam lima hari tersebut dimulai dari Nanggroe Aceh Darussalam, menuju ke Kalimantan Selatan, Maluku Utara, hingga diakhiri di Papua.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan pembangunan di daerah perbatasan harus terus digencarkan. "Perbatasan merupakan pintu utama Indonesia dengan negara lain, jangan sampai pembangunan perbatasan malah tertinggal," ujar dia.

Presiden Joko Widodo turut menambahkan dengan modernisasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, diharapkan akan menumbuhkan zona-zona ekonomi baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Berada di tempat yang sama, Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi turut memberikan penjelasan terkait kinerja Bea Cukai di perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini ini. Bea Cukai Jayapura telah mengadopsi sistem sistem otomasi kartu identitas lintas batas yang sebelumnya telah diterapkan di Entikong dan Nanga Badau. "Dengan otomasi sistem ini tentunya akan mempercepat pelayanan dan meningkatkan pengawasan terhadap para pelintas batas," kata Heru.

Heru mengungkapkan Bea Cukai Jayapura telah mencapai target penerimaan tahun 2017 hingga Mei ini. "Dengan modernisasi PLBN, diharapkan dapat semakin mempercepat pelayanan yang nantinya akan berimbas terhadap terkumpulnya penerimaan negara," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler