Kamis 23 Aug 2018 03:07 WIB

Bridge di Asian Games, Olahraga tak Kenal Usia

Bambang Hartono ikut bertanding dalam cabang olahraga bridge di Asian Games.

Red: Nur Aini
Olahraga bridge (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Olahraga bridge (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga bridge mencatat sejarah karena untuk pertama kali dipertandingkan di Asian Games, pesta olahraga terbesar di dunia setelah Olimpiade.

Karakter khas dari cabang olahraga ini adalah atlet yang tidak kenal perbedaan usia dan batasnya hanya kemampuan fisik atlet itu sendiri. Tidak mengherankan bila atlet paling senior di cabang ini sudah berusia 85 tahun, yaitu Kong Te Yang dari Filipina.

Khusus untuk kontingen tuan rumah Indonesia, cabang bridge mendapat tempat tersendiri. Bukan hanya karena untuk pertama dipertandingkan di ajang Asian Games, tapi juga tampilnya Michael Bambang Hartono, orang paling kaya di Tanah Air sebagai  atlet dan diandalkan untuk meraih emas di nomor supermixed team.

Bambang yang juga Ketua Federasi Bridge Asia Tenggara, ikut berjasa membujuk dan melobi Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) Sheik Ahmed Al-Fahad Al-Sabah agar menyetujui mempertandingkan bridge.

"Pihak OCA awalnya sempat keberatan karena bridge dihubungkan dengan permainan judi, tapi ia akhirnya menerima setelah dijelaskan bahwa olahraga tersebut populer di negara Islam yang justru mempunyai juara dunia," kata Bambang Hartono beberapa hari menjelang upacara pembukaan Asian Games 2018.

Hendra Railis, kapten tidak bermain kontingen Indonesia mengatakan, pertandingan bridge Asian Games akan memperebutkan enam medali emas dari enam nomor pertandingan, masing-masing tiga nomor beregu dan tiga nomor pasangan.

Nomor beregu mempertandingkan beregu putra, beregu campuran, dan beregu Super Mixed. Tiga nomor pasangan adalah putra, putri, dan campuran.

Kelompok beregu putra diikuti 14 negara, beregu campuran delapan negara dan beregu Super Mixed 10 negara. "Dari enam nomor yang dipertandingkan, tuan rumah menargetkan meraih dua medali emas, salah satunya adalah nomor supermixed team," kata Hendra yang akrab disapa Sine itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement