Ahad 26 Aug 2018 00:02 WIB

Lukisan Spirit Asian Games Raih 'Medali Emas'

Dwi menggambar atlet-atlet Indonesia yang menaiki kuda dengan membawa atribut bangsa.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Endro Yuwanto
Pelukis asal Malang, Jawa Timur, Dwi Sarmuji (kiri) terpilih menjadi pemenang lomba lukis bertajuk
Foto: Republika/Ronggo A
Pelukis asal Malang, Jawa Timur, Dwi Sarmuji (kiri) terpilih menjadi pemenang lomba lukis bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelukis asal Malang, Jawa Timur, Dwi Sarmuji terpilih menjadi pemenang lomba lukis bertajuk "Dinamika Asian Games 2018: Energy of Asia". Ia mengaku tak menyangka akan menjadi pemenang karena melihat 354 rekan sesama pelukis lainnya memiliki kemampuan yang juga hebat.

"Nggak nyangka. Karena saya berkarya hanya berkarya ya. Kami berkarya, berpikir, kami menuangkan rasa, imajinasi, lewat karya. Nanti karya ini akan berbicara. Dan saya nggak nyangka akan menang karena di ini saingannya sangat luar biasa," kata Dwi kepada Republika.co.id di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (25/8).

Dwi yang kini tengah menetap di Tangerang, Banten, melukis karya berjudul "Spirit Asian Games". Ia menggambar atlet-atlet Indonesia yang sedang menaiki kuda dengan membawa atribut kebangsaan seperti bendera merah putih. "Saya melukis ini untuk spirit bangsa. Saya lambangkan dengan kuda-kuda, dengan spirit kekuatan dan lambang-lambang yang ada di sini adalah kekuatan kita," jelasnya.

Direktur Binmas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo yang mewakili Kepala Polda Metro Jaya menilai, lukisan yang menjadi juara memang sangat indah. Ia pun merasa lukisan tersebut layak untuk dikoleksi, terlebih melihat lukisan itu dibuat saat Indonesia sedang menjadi tuan rumah Asian Games.

"Apalagi momen Asian Games ini mungkin nanti berapa tahun lagi akan ada lagi di Indonesia. Ketika diabadikan jadi sebuah lukisan tentu akan jadi memorabilia, pernah pada 2018 Asian Games dilaksanakan di Indoenesia. Komunitas pelukis termasuk Polda Metro Jaya terlibat di dalamnya," ujar Sambodo.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak Sabtu pagi hingga malam harinya. Pemenang juara satu mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 25 juta dan satu sepeda motor. Ada 50 lukisan yang masuk ke dalam daftar 50 besar yang akan dipamerkan hingga satu atau dua pekan ke depan di Polda Metro Jaya.

"Diikuti oleh 355 pelukis dari seluruh Indonesia dan sungguh luar biasa karya-karya yang dihasilkan. Tentu ini akan menambah khazanah pelukis Indonesia dan menjadi bagian kita semua dalam menyemarakkan pelaksanaan Asian Games," jelas Sambodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement