Sabtu 28 Apr 2018 20:15 WIB

20.741 Calon Sukarelawan Asian Games Lolos Seleksi Awal

Inasgoc akan memberikan pelatihan bagi mereka yang lolos

Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) meloloskan sebanyak 20.741 calon sukarelawan (volunteer) yang akan bertugas pada pelaksanaan kejuaraan empat tahunan itu di Jakarta-Palembang, 18 Agustus - 2 September.

"Kami menghargai minat tinggi calon sukarelawan Asian Games yang bersedia terlibat dalam penyelenggaraan. Inasgoc akan memberikan pelatihan bagi mereka yang lolos seleksi akhir untuk melayani duta-duta olahraga dari negara lain," kata Sekretaris Jenderal Inasgoc, Eris Herryanto, Sabtu (28/4). 

Sebanyak 17.000 dari 20.741 yang lolos tahap administrasi dan penyaringan data itu merupakan para calon sukarelawan asal Jakarta. Sedangkan 3.741 sisanya merupakan calon sukarelawan asal Palembang.

Inasgoc meminta calon sukarelawan untuk memeriksa nama-nama mereka dalam situs resmi volunteer.asiangames2018.id jika telah lolos tahap administrasi dan penyaringan data.

Pada tahapan berikutnya, Inasgoc akan menggelar tes tahap kedua yaitu psikotes dan wawancara pada Mei untuk menjaring 8.000 calon sukarelawan.

Departemen Sumber Daya Manusia dan Sukarelawan Inasgoc akan melakukan pemanggilan mengikuti psikotes dan wawancara melalui pesan singkat ke nomor seluler masing-masing calon sukarelawan ataupun alamat surat elektronik.

Inasgoc menyebut para sukarelawan yang telah mengikuti kejuaraan uji coba pada Februari 2018 tidak perlu mengikuti psikotes jika mereka telah lolos administrasi dan penyaringan data tahap pertama.

"Calon-calon sukarelawan itu akan menjadi tulang punggung panitia selama Asian Games berlangsung. Kami berterimakasih kepada mereka yang bersedia memberikan waktu dan tenaga bagi Indonesia," kata Eris.

Inasgoc akan membagi tiga kategori sukarelawan yang mengikuti seleksi yaitu asisten protokoler, asisten kontingen negara-negara peserta, dan petugas penghubung antarlembaga.

Mereka juga akan ditempatkan pada 19 departemen INASGOC seperti arena pertandingan, medis dan kesehatan, penyelenggaraan upacara, tiket, catering, transportasi, dan sebagainya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement