Jumat 19 Sep 2014 19:40 WIB

Indonesia Resmi Tuan Rumah Asian Games 2018

Rep: C61/ Red: Didi Purwadi
Asian Games 2014 Incheon
Foto: www.ndtv.com
Asian Games 2014 Incheon

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Dewan Eksekutif Olympic Council of Asia (OCA), Jumat (19/9), resmi menetapkan Indonesia sebagai penyelanggara Asian Games 2018. Sebelumnya, Vietnam telah ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games setelah Korea Selatan. Namun, Vietnam mengundurkan diri dengan alasan kesulitan keuangan.

Awalnya OCA menetapkan Asian Games digelar pada tahun 2019, bukan 2018. Hal itu dilakukan agar tidak bentrok dengan kejuaraan Olimpiade musim dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Namun, karena Vietnam mengundurkan diri sebagai penyelanggara Asian Games ke- VXIII, kemudian Indonesia mengajukan diri sebagai pengganti Vietnam.

Akan tetapi, Indonesia meminta jadwal Asian Games dikembalikan pada semestinya. Lantaran pada tahun 2019, Indonesia akan melaksanakan pemilihan presiden.

Vietnam menyatakan ketidaksanggupannya menggelar hajatan olahraga se-Asia pada bulan April lalu.  Pihak OCA pun harus segera mencari pengganti tuan rumah Asian Games ke-XVIII. Di saat itu juga Indonesia menawarkan diri menjadi pengganti negeri paman Ho itu.

"Hari ini telah disetujui oleh Dewan Eksekutif bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang dihelat pada tahun 2018 di Jakarta," kata Presiden Dewan Eksekutif OCA, Sheikh Ahmad Al Fahad Al-Sabah, seperti diberitakan BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement