Rabu 29 Aug 2018 21:53 WIB

Jepang Bersua Korsel pada Final Sepak Bola Putra Asian Games

Jepang membungkam timnas Uni Emirat Arab (UEA) U-23 dengan skor 1-0.

Pesepak bola timnas UEA Majid Salim (kiri) berebut bola dengan pemain Jepang Daiki Sugioka pada babak semifinal cabang sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/08).
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/CHARLIE
Pesepak bola timnas UEA Majid Salim (kiri) berebut bola dengan pemain Jepang Daiki Sugioka pada babak semifinal cabang sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/08).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tim nasional Jepang U-23 berhasil lolos ke final sepak bola Asian Games 2018 usai membungkam timnas Uni Emirat Arab (UEA) U-23 dengan skor 1-0. Gol tunggal pada laga semifinal sepak bola putra yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Rabu (29/8) malam, mengantarkan Jepang beradu ketangguhan melawan Korea Selatan di final.

Setelah melewati babak pertama tanpa gol, Jepang berhasil menciptakan gol semata wayang pada paruh kedua lewat sepakan keras pemain pengganti Ayase Ueda.

Pada babak kedua, Jepang terus berupaya membangun serangan meski beberapa kali penyelesaian masih melenceng atau dipatahkan baris pertahanan UEA. Sementara UEA lebih mengandalkan serangan balik.

Gelandang Jepang Daizen Maeda beberapa kali menusuk pertahanan lawan dan melepaskan tendangan langsung. Namun sejumlah tendangannya melenceng dari target.

Sedangkan di kubu UEA belum menciptakan ancaman yang berarti. Permainan yang didominasi Jepang dan solidnya lini pertahanan tim Negara Matahari Terbit sulit ditembus oleh UEA.

Akhirnya Jepang berhasil memecah kebuntuan dengan menjebol gawang UEA padda menit 78 hasil sepakan dari Ayase Ueda. Bola direbut oleh gelandang Kouta Watanabe dari pemain UEA lewat tekel bersih, yang kemudian memberikan umpan terobosan pada Ayase Ueda.

Ueda berhasil mengonversi umpan yang menusuk tersebut dengan gol keras walah harus membentur mistar dan memantul tanah terlebih dulu. Jepang unggul 1-0 pada akhir-akhir pertandingan.

Pada waktu tersisa, UEA mencoba menekan untuk menyamakan kedudukan. Serangan-serangan yang dibangun UEA tetap belum bisa menghasilkan gol ke gawang Jepang.

Jepang akan berhadapan dengan Korea Selatan di babak final yang akan dilangsungkan di Stadion Pakansari Cibinong Bogor pada Sabtu (1/9) guna memperebutkan medali emas. Pada hari yang sama, UEA juga akan melawan Vietnam untuk memperebutkan medali perunggu sebelum laga Jepang kontra Korsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement