Selasa 28 Aug 2018 15:17 WIB

Jojo tak Menyangka Bisa Juara

Gelar juara Asian Games merupakan gelar pertama Jojo tahun ini.

Rep: Nurul S Hamami/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie berpose dengan medali saat prosesi penyerahan medali cabang bulu tangkis nomor tunggal putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie berpose dengan medali saat prosesi penyerahan medali cabang bulu tangkis nomor tunggal putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan wajah semringah Jonatan "Jojo" Christie menjawab lancar pertanyaan awak media dalam jumpe pers seusai merebut medali emas Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8) siang. Dia mengaku tak menyangka bisa merebut gelar dalam ajang multicabang se-Asia itu.

Jojo merebut medali emas setelah mengalahkan Chou Tien Chen (Cina Taipei) 21-18, 20-22, dan 21-15 selama 69 menit. Pemain peringkat 15 dunia ini mencatatkan diri sebagai pemain keenam Indonesia yang mampu merebut medali emas setelah Tan Joe Hok (1962), Ang Tjin Siang (1966), Liem Swie King (1978), Hariyanto Arbi (1994), dan Taufik Hidayat (2002, 2006).

Baca Juga

"Jujur saya tak pernah menyangka bisa merebut medali emas. Ini kan event Asia dan banyak pemain-pemain terbaik dunia justru berasal dari Asia di mana mereka juga tampil di sini," kata Jojo yang bulan depan baru genap berusia 21 tahun.

Baca Juga: Jojo akan Sisihkan Bonusnya untuk Korban Gempa Lombok

Gelar juara Asian Games merupakan gelar pertama Jojo tahun ini. Di dalam turnamen Tur Dunia BWF, pencapaian tertinggi Jojo hanya sampai final Selandia Terbuka. Kala itu, ia kalah dari Lin Dan.

Selain Asian Games, tahun lalu Jojo juga merebut medali emas tunggal putra SEA Games di Kuala Lumpur. "Mungkin memang ini jalan saya dari Tuhan, belum mendapat gelar turnamen-turnamen BWF Tur, tapi juara di Asian Games," kata Jojo.

Seandainya boleh memilih, lanjut Jojo, dia juga mau bisa juara di turnamen-turnamen BWF Tur. "Setiap orang punya berkatnya sendiri dari Tuhan, dan jalan saya memang di sini dulu," ujarnya.

Jojo mencontohkan, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia asal Malaysia Lee Chong Wei yang tak pernah meraih gelar di Asian Games maupun Olimpiade. "Mungkin sudah seratusan gelar dia di turnamen superseries, tapi tak pernah juara di Asian Games maupun Olimpiade."

Baca Juga: Jojo: Dari Jabat Tangan Terlihat Chou Sudah Tegang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement