Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Pemkot Bekasi Khawatirkan Kondisi Rumput Stadion Patriot

Sabtu 28 Jul 2018 19:25 WIB

Red: Israr Itah

Pekerja memotong rumput lapangan Stadion Patriot Candrabhaga, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/7).

Pekerja memotong rumput lapangan Stadion Patriot Candrabhaga, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/7).

Foto: Antara/Risky Andrianto
Kondisi rumput stadion yang belum sempurna diperparah oleh musim kemarau.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengkhawatirkan kondisi rumput di Stadion Patriot Chandrabaga setelah dimajukannya jadwal laga perdana cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 pada 10 Agustus 2018. Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengatakan, kondisi rumput stadion yang belum sempurna diperparah oleh musim kemarau.

Sebelumnya, rumput mengalami kerusakan akibat kesalahan dosis penyemprotan pestisida. Ruddy khawatir, pemanfaatan stadion oleh dua grup peserta Asian Games secara bersamaan berpotensi memperparah kerusakan rumput jenis zoysia matrella di stadion tersebut akibat tingginya frekuensi penggunaan lapangan.

"Rumput ini sebagian mengalami kekeringan akibat kemarau. Takutnya kalau dipaksakan dua grup, akan tidak maksimal," katanya.

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 sebelumnya memutuskan untuk menyelenggarakan pertandingan perdana Asian Games 2018 Jakarta-Palembang mulai 10 Agustus 2018, atau lebih cepat empat hari dari jadwal semula. Cabang sepak bola putra akan mengawali pertandingan dengan menampilkan laga di Grup A yang mempertemukan Laos melawan Hongkong di Stadion Patriot, Kota Bekasi.

Di tempat yang sama, timnas Merah Putih yang juga tergabung di Grup A akan melayani penampilan Cina Taipei pada Ahad (12/8). Menurut Ruddy, beban lapangan sepak bola berstandar FIFA ini maksimal hanya boleh diinjak oleh 22 pemain, satu orang wasit dan empat hakim garis dalam sekali pertandingan.

"Kemungkinan yang tadinya dua grup, bisa jadi satu grup," ungkapnya.

Dikatakan Ruddy, pekerjaan rumput sudah sepenuhnya tertanam di lapangan dan saat ini sedang intensif dilakukan pemeliharaan lanjutan. Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama konsultan rumput di Stadion Patriot sedang melakukan upaya percepatan pekerjaan.

Pihaknya menargetkan, pemulihan rumput yang mengalami kekeringan itu akan selesai pada 1 Agustus 2018. Upaya percepatan pemulihan rumput itu, kata Ruddy, tidak lepas dari peran Penjabat Gubernur Jawa Barat M. Iriawan yang pada pekan lalu melakukan inspeksi ke Stadion Patriot Chandrabaga di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Penyelesaian pekerjaan sudah ditanggapi oleh pemerintah pusat, baik pengerjaan rumput maupun ruang kerja wartawan serta finishing-nya," katanya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar kegiatan Grebeg Stadion sebagai strategi penyelesaian akhir persiapan stadion dengan melibatkan seluruh aparatur di lingkup pemerintah setempat.    "Kami akan bersih-bersih stadion di bawah komando Dinas Lingkungan hidup," katanya.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70
 
Terpopuler
 
Terkomentari