Jumat 27 Jul 2018 17:48 WIB

Filipina Mundur dari Bola Basket Asian Games

Filipina terlibat kericuhan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 zona Asia.

Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi bola basket Filipina, Samahang Basketbol ng Pilipinas Inc (SBP), secara resmi mengumumkan menarik keikutsertaannya dari cabang olahraga bola basket Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Itu disampaikan lewat pernyataan resmi yang dikeluarkan SBP melalui berbagai saluran informasi mereka pada Jumat (27/7).

Putusan berat yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin Federasi Asosiasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Filipina menjadi salah satu alasan utama keputusan SBP mundur dari Asian Games 2018. Filipina terlibat kericuhan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 zona Asia melawan Australia dan 10 pemainnya terkena sanksi larangan bermain yang berbeda-beda. Asisten pelatih Joseph Uichico dan pelatih kepala Vincent "Chot" Reyes juga ikut terkena skorsing.

Selain itu, mereka juga mengantisipasi strategi untuk mengejar keberhasilan di kompetisi-kompetisi berikutnya, termasuk sisa laga kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 serta Piala Dunia FIBA 2023. Filipina menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 bersama Indonesia dan Jepang.

Keputusan mundur tersebut sekaligus membatalkan rencana tim liga bola basket Filipina (PBA) Rain or Shine Elasto Painters untuk mewakili negara penguasa bola basket Asia Tenggara itu pada Asian Games 2018.

Keputusan itu sekaligus menyudahi spekulasi kehadiran bintang NBA, Jordan Clarkson, untuk tampil membela Filipina di Asian Games 2018 jika mendapatkan izin dari timnya, Cleveland Cavaliers. Filipina, yang hanya mengirimkan timnas putra di Asian Games 2018, sebelumnya tergabung di Grup B bersama Iran, Suriah dan Arab Saudi berdasar hasil pengundian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement