Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Kemenpora Lobi AFF dan OCA Agar tak Redrawing Total

Rabu 25 Jul 2018 20:05 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewabroto

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewabroto

Foto: Istimewa
Gatot menilai posisi timnas Indonesia di Grup A tetap aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengundian (drawing) ulang cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 akhirnya tidak dilakukan secara total, melainnya secara parsial. Hal itu membuat Indonesia tetap aman di Grup A, dengan tambahan Palestina. Sementara, Uni Emirat Arab masuk Grup E bersama tim unggulan Korea Selatan.

Namun, upaya untuk tidak dilakukannya redrawing total ternyata tidak mudah. Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewabroto mengungkapkan, ia ditugaskan oleh Ketua Inasgoc Erick Thohir untuk melobi AFF dan Federasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk tidak melakukan redrawing total.

Menurut Gatot, AFF setuju untuk tidak melakukan redrawing total. Namun, OCA ternyata tidak setuju dan tetap akan melakukan redrawing total. ''Dua hari lalu saya dapat tugas dari Pak Erick Thohir untuk melakukan lobi pada OCA, update terakhir dengan AFC dua hari yang lalu, setuju parsial redrawing, hanya nempelin supaya Uni Emirat Arab dan Palestina itu masuk di mana,'' kata Gatot kepada wartawan di Jakarta, Rabu (25/7).

Gatot yang juga penanggung jawab keuangan Inasgoc menyatakan, ada dua risiko jika redrawing dilakukan secara total. Pertama, tim sudah melakukan hitung-hitungan untuk lawan di grup masing-masing. Kedua, Inasgoc akan dianggap tidak konsisten oleh peserta Asian Games. ''Tapi alhamdulilah OCA setuju hanya parsial redrawing,'' ucap dia.

Dengan begitu, Gatot menilai posisi Indonesia di Grup A tetap aman. Sebab, jika berubah, maka Indonesia akan dirugikan kalau berhadapan dengan macan-macan Asia di fase grup. Meskipun, ia melanjutkan, Kemenpora tidak muluk-muluk menargetkan Indonesia bisa juara di cabor sepak bola.

''Harapan kita sih, tanpa mengurangi rasa hormat pada timnas, juara satu susah. Paling tidak semifinal. Harapannya semifinal-lah. Siapa sih yang tidak ingin juara. Tapi kami realistis,'' jelas Gatot.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70
 
Terpopuler
 
Terkomentari