Kamis 08 Mar 2018 16:09 WIB

JK: Indonesia Minimal Harus Raih 16 Emas di Asian Games 2018

Perolehan medali ini untuk mencapai target peringkat 10 besar.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan sambutan saat  memimpin rapat prestasi Asian Games 2018. Jakarta. Kamis (8/3).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan sambutan saat memimpin rapat prestasi Asian Games 2018. Jakarta. Kamis (8/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, tuan rumah Indonesia harus mendapatkan minimal 16 medali emas dalam pesta olah raga Asian Games 2018. Perolehan medali ini untuk mencapai target peringkat 10 besar.

"Seperti diketahui semua, target yang dikemukakan oleh Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI), CdM (Chief de Mission), kepada Presiden RI (Joko Widodo) adalah posisi 10 besar. Itu artinya minimal 16 emas, kalau di bawah itu maka kita akan melorot lagi," kata JK saat memberikan pengarahan dalam rapat peningkatan prestasi Asian Games 2018 di kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Kamis (8/3).

Wapres mengatakan, perolehan medali dan peringkat menjadi hal paling penting di antara segala persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. Pada ujungnya nanti, lanjut dia, orang tidak lagi mengingat acara pembukaan. "Tetapi yang selalu diingat adalah kita nomor berapa dalam Asian Games ini dan itu akan melekat di kepala orang sampai puluhan tahun," jelasnya.

Pada pelaksanaan Asian Games ke-17 2014 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia menempati peringkat 17 dengan total perolehan 20 medali, yakni empat medali emas, lima medali perak, dan 11 medali perunggu.

Sebelumnya, rapat serupa juga digelar di Kantor Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) pada pertengahan Februari 2018 lalu. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai evaluasi penyelenggaraan test event serta renovasi lokasi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, termasuk perbaikan Stadion Gelora Utama Bung Karno pascapertandingan final Piala Presiden 2018.

Setelah menyaksikan gelaran test event atau percobaan sebelum Asian Games 2018 beberapa saat lalu, JK selaku ketua pengarah Asian Games 2018 mengatakan, saat ini persiapan lokasi di Jakarta sudah hampir 90 persen selesai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement