Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wapres Pimpin Rapat Peningkatan Prestasi Atlet Asian Games

Kamis 08 March 2018 11:04 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Israr Itah

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla

Foto: Republika/Rizki Jaramaya
Rapat tersebut diselenggarakan di Sekretariat Chef de Mission.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) memimpin rapat peningkatan prestasi Asian Games 2018, Kamis (8/3). Rapat tersebut diselenggarakan di Sekretariat Chef de Mission, Gedung Perjuangan dan Solidaritas Atlet, yang terletak di Kompleks Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

Rapat ini akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Chef de Mission Asian Games 2018 Syafruddin, dan pimpinan KONI.

Penyelenggaraan Asian Games menyisakan waktu lima bulan lagi. Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga se-Asia ini yang berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018. Adapun venue Asian Games akan disebar di beberapa wilayah, yakni Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat.

Dalam rapat evaluasi sebelumnya yang diselenggarakan pada Februari lalu, JK memastikan venue atau arena yang akan digunakan untuk Asian Games akan selesai pada Juni 2018. JK optimistis persiapan penyelenggaraan Asian Games tidak akan menemui kendala seperti Olimpiade Brasil.

"Dari segi venue kita optimis tidak ada halangan, tidak akan seperti di (Olimpiade) Brasil. Di Brasil, dua hari sebelum pembukaan mereka masih kerja. Insya Allah kita paling sedikit dua bulan sebelum event sudah selesai," ujar JK.

JK yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games menggelar rapat evaluasi. Rapat ini dihadiri oleh Ketua Inasgoc Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Selain itu, tampak hadir juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin.

Rapat tersebut membahas beberapa agenda, di antaranya, evaluasi venue dan perkembangan persiapan Asian Games. Ia mengatakan, secara keseluruhan, 90 persen pembangunan venue di Jakarta, terutama kawasan Gelora Bung Karno (GBK), sudah selesai. Sementara, venue lainnya yang menjadi tanggung jawab Pemerintah DKI Jakarta juga hampir rampung.

"Kita berterima kasih kepada Menteri PU bahwa semuanya di Senayan 90 persen selesai, di DKI (Jakarta) diharapkan juga ada beberapa tanggung jawab soal velodrome dan juga rehabilitasi beberapa ruang olahraga, gedung olahraga itu sudah berjalan. Di Palembang kemajuannya juga cukup bagus," kata JK.

Di sisi lain, persiapan penyelenggaraan Asian Games juga sudah berjalan dengan baik. JK tak memungkiri bahwa dalam pelaksanaan test event atau uji coba Asian Games beberapa waktu lalu masih ada kendala. Menurut dia, pemerintah akan segera memperbaiki kendala-kendala ini.

"Test event kemarin sudah berjalan dan di situ kita menemukan ada yang baik dan ada yang perlu diperbaiki karena itu fungsi daripada test event," ujar Wapres.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Senegal Menang 2-1 Atas Polandia

Rabu , 20 June 2018, 00:22 WIB