Kamis 01 Feb 2018 23:08 WIB

Pemprov Ajak Masyarakat Berpartisipasi Sukseskan Asian Games

Asian Games dijadwalkan dimulai 18 Agustus 2018.

Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka) yang terpasang di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka) yang terpasang di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) meningkatkan kepedulian masyarakat setempat terhadap pelaksanaan Asian Games yang dijadwalkan dimulai 18 Agustus 2018. Pemprov Sumsel berharap masyarakat berpartisipasi menyukseskan ajang olahraga bertaraf internasional itu.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat, sejak beberapa bulan terakhir gencar dilakukan sosialisasi pesta olahraga negara-negara Asia. “Sosialiasi kepada pelajar, tenaga medis, pegawai instansi pemerintah dan swasta, serta masyarakat umum yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah provinsi setempat,” kata dia di Palembang, Kamis (1/2).

Menurut dia, sosialisasi Asian Games akan terus digalakkan karena hingga kini masih banyak masyarakat belum memahami manfaat kegiatan berskala internasional itu bagi daerah ini selaku tuan rumah bersama DKI Jakarta. Pesta olahraga tersebut berdampak cukup besar bagi percepatan pembangunan daerah, seperti dengan ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games, Kota Palembang diberikan fasilitas transportasi modern kereta api ringan (LRT).

photo
Foto udara pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatra Selatan. (Antara/Nova Wahyudi)

Pembangunan LRT di Ibu Kota Provinsi Sumsel itu merupakan yang pertama di Tanah Air. Jika tidak menjadi tuan rumah pesta olahraga itu maka mungkin tidak akan pernah ada fasilitas transportasi umum modern itu.

Sebab, biayanya sangat mahal untuk membangun jalur dan pengadaan kereta api ringan itu. Melihat banyaknya keuntungan yang diperoleh pemerintah daerah dan masyarakat di provinsi ini, Pemprov berharap dukungan maksimal dari semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menyukseskan Asian Games. 

Untuk menyukseskan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, masyarakat tidak hanya diminta mendukung seluruh persiapan dan pembangunan sarana dan prasarana penunjang. Namun, dia mengatakan, masyarakat juga diminta untuk menjaga kondisi keamanan serta ketertiban masyarakat agar tetap kondusif sehingga pelaksanaan dan seluruh tamu yang berkunjung ke daerah ini dapat merasa aman dan nyaman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement