Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Pita Hitam Dukungan Buat Sri Mulyani

Selasa 22 Dec 2009 07:08 WIB

Red:

JAKARTA--Sri Mulyani Indrawati, meski telah diserang bertubi-tubi terkait keputusanya dalam penyelamatan Bank Century, bukan berarti dia ditinggalkan oleh koleganya di Departemen Keuangan. Bentuk dukungan terus mengalir di sejumlah pegawai. Beberapa orang pejabat bahkan terlihat mengenakan pita hitam (handband) yang sering digunakan saat berolahraga.

Pita hitam bertuliskan huruf 'm' itu dikenakan di tangan sebelah kiri sebagai bentuk rasa solidaritas. Salah satunya Direktur Pembiayaan Syariah Departemen Keuangan Dahlan Siamat, terlihat mengenakan pita hitam saat konferensi pers Sukuk Ritel di Kantor Ditjen Pengelolaan Utang. "Huruf 'm' ini artinya 'mendukung', 'menyayangi', 'mencintai', dan segala hal yang berarti positif," ujar dia kepada wartawan, Senin (21/12).

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto terlihat tidak mengenakan pita itu. Tapi, kemudian dia mengeluarkannya dari saku celana sebelah kanan. "Saya mau pakai tapi tak cukup di lengan," ujar Rahmat sambil guyon.

Rahmat menjelaskan sebagian pegawai Departemen Keuangan berkomitmen akan mengenakan pita itu, selama panitia khusus Bank Century menelisik aliran dana Bank Century yang kini berganti nama menjadi Bank Mutiara. Kabiro Humas Departemen Keuangan Harry Z Soeratin saat dihubungi mengatakan inisiatif penggunaan pita itu bukan atas dasar himbauan/kewajiban dari instansi tapi hanya sukarela.

Tidak ada paksaan dari siapapun. "Itu bukan m tapi w yang di balik. Sehingga terlihat m," ujarnya. Dia mengatakan tidak ada arti khusus dari huruf itu. "tidak ada arti apa-apa," tukasnya.

Salah seorang staf Departemen Keuangan, Doni, mengaku ikhlas mengenakan pita hitam itu. Sebab, dirinya yakin Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang tengah disorot dalam kasus Century tak bersalah. "Yakin dong. Ibu kami, kok. Masa anak buahnya tidak percaya?" ucapnya. thr/kpo

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA