Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Amien: SBY Belum Penuhi Harapan Rakyat

Rabu 25 Nov 2009 01:19 WIB

Red:

JAKARTA--Mantan Ketua MPR, Amien Rais, menilai pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang jawabannya atas rekomendasi Tim 8 masih penuh kata-kata bersayap. Alhasil, nilai dia, harapan rakyat cenderung belum terpenuhi semuanya.

"Jadi sesungguhnya pidato (SBY) yang ditunggu oleh rakyat itu cenderung belum terpenuhi semuanya," ujar Amien kepada pers seusai menjadi pembicara dalam diskusi tentang kehutanan di Jakarta, Selasa (24/11).

Namun demikian, ia menambahkan, jawaban Presiden atas rekomendasi Tim 8 itu sudah cukup jelas. "Saya pikir sudah jelas arahnya," katanya.

Lebih lanjut Amien mengatakan bahwa hal terpenting yang patut dicermati lagi adalah bagaimana menyelesaikan masalah skandal Bank Century. Dia khawatir penanganan masalah Bank Century bernasib seperti biasanya, alias hanya selesai "setengah jalan".

"Misal yang dikejar dalam pengusutan itu hanya pelakunya saja, sementara aliaran dana tidak sampai terungkap," papar Amien.

"Hampir semua permasalahan besar kita, seperti kasus Munir, DPT, angket BBM dan apa pun, selalu demikian nasibnya," kata Amien. Ia juga mengingatkan jangan sampai ada tangan-tangan " siluman "yang bisa menghilangkan data Bank Century tersebut.

Dia kemudian mengacu ke skandal BLBI. Kasus dengan jumlah jauh lebih besar hingga ratusan triliun saja bisa hilang tanpa jejak, apalagi Bank Century.

Selain itu dalam beberapa waktu kedepan, DPR pun akan memasuki masa reses, sehingga terbuka celah bagi tangan-tangan "siluman" tersebut untuk menghilangkan berbagai bukti.

"Jadi sekarang ini bola ada di tangan polri dan kejaksaan. Terserah pada Kapolri(Jenderal Bambang Hendarso Danuri red) dan Jaksa Agung(Hendarman supandji),". ant/itz

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA