Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

BMKG: Gempa Susulan Diprediksi Tetap Terjadi

Jumat 02 Oct 2009 02:38 WIB

Red:

JAMBI--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memprediksi gempa susulan di Kerinci akan tetap terjadi. Kepala BMKG Jambi Remus L Tobing ketika dikonfirmasi di Jambi mengatakan, bahwa gempa susulan diprediksi akan terjadi, namun kekuatannya lebih kecil dari gempa sebelumnya, yakni 7.0 SR.

Secara teori, menurut Tobing, gempa susulan akan terjadi di wilayah sekitar titik gempa utama yang terjadi pukul 08.52 WIB. "Masyarakat Jambi agar tetap waspada dan melakukan langkah antisipasi," imbaunya.

Gempa yang terjadi di Jambi berkekuatan 7,0 SR lokasi 2.44 LS dan 101,59 BT dan 46 Km tenggara Kota Sungaipenuh dengan kedalamam 10 Km. Data dari BMKG, titik gempat juga terletak di 54 Km timur laut Mukomuko-Bengkulu, wilayah III 86 Km barat daya Bangko-Jambi, wilayah IV 101 Km barat lau Muara Aman-Bengkulu dan wilayah VI 121 Km barat daya Muarobungo-Jambi.

Ia menegaskan, gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami karena titiknya terletak di daratan, bukan di lautan. "Jika terjadi di laut maka akan berpotensi terjadi tsunami," kata dia.

Tak hanya dilanda gempa, Kota Jambi dan sekitarnya juga diselimuti kabut pekat yang sangat tebal sehingga jarak pandang hanya 200 meter. Satu jam selanjutnya sekitar pukul 08.00 WIB kabut mulai menipis dan jarak pandang menjadi dua kilometer.

Gempa di Kerinci telah merusak sedikitnya 500 rumah yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Gunung Raya dan Lempur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, 410 Km dari Kota Jambi. Sebanyak 15 gedung SD mengalami rusak, selain 3 gedung SMP, 2 gedung SMA dan 3 buah masjid juga mengalami kerusakan cukup parah.

Sementara itu, korban akibat gempa itu 12 orang warga mengalami patah tulang akibat tertimpa bangunan dan puluhan orang luka ringan. Korban gempa itu kini dirawat di rumah sakit umum setempat, sementara warga lainnya masih bermukim atau berlindung di tenda pemukiman menghindari gempa susulan, mereka memilih berkumpul di lapangan kantor Bupati.  ant/itz

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA