Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Kapsul Waktu Di Dies Natalis FTUI

Jumat 19 Jun 2009 21:59 WIB

Red:

DEPOK -- Fakultas Teknik Universitas Indonesia akan melakukan ritual pembukaan kapsul waktu yang ditanam 20 tahun lalu. Seremonial ini sebagai acara puncak Dies Natalis FT UI ke – 45, 18 Juli mendatang.

‘’Kapsul tersebut berisikan harapan-harapan para petinggi FT UI pada saat itu terhadap masa depan FTUI 20 tahun ke depan,” ujar Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI Devie Rahmawati, Jumat (18/6). Lalu, FTUI juga akan melakukan penanaman kembali kapsul waktu untuk dibuka 20 tahun yang akan datang.

Rangkaian Dies Natalis Fakultas Teknik UI, akan digenapi dengan peresmian sebuah patung mahakarya perupa Indonesia, Iriantine Karnaya. Patung bertajuk Merenung ini, terbuat dari bahan perunggu yang dicor dengan batu serta menggunakan mix media stainless steel.

Patung berwujud laki-laki tersebut memiliki makna sebagai panggilan bagi generasi muda saat ini agar mencurahkan waktu lebih banyak untuk berpikir sebelum melakukan berbagai tindakan. Tiga patung lain karya dosen arsitektur UI ini juga sarat akan filosofi kehidupan. Seperti Patung Starbust, yang berpesan bahwa ilmu itu tidak dapat diendap oleh satu orang.

Dalam sejarahnya, Fakultas Teknik Universitas Indonesia berdiri kali pertama pada tanggal 17 Juli 1964, dibawah instruksi Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Keberadaannya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sebuah institusi pendidikan keteknikan yang berkualitas di Jakarta.- c84/ahi

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA