Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Pemidanaan Penulis Surat Pembaca Melanggar HAM

Rabu 17 Jun 2009 16:52 WIB

Red:

JAKARTA -– Pemenjaraan atas penulis surat pembaca merupakan pelanggaran terhadap Hak Azazs Manusia (HAM). Ini merupakan bentuk pembungkaman kebebasan berpendapat.

Kepala Divisi Litigasi LBH Pers, Sholeh Ali mengatakan, UUD 1945 menjamin hak setiap warga Negara untuk mengaktualisasikan kehendak, kebebasan berfikir, dan menyatakan pendapat.

“Namun, beberapa waktu belakangan kebebasan berfikir dipasung kembali dengan banyaknya kasus yang dituduhkan kepada tersangka atas dasar pencemaran nama baik, penghinaan, dan fitnah,’” kata Sholeh, Salasa (16/6).

Kasus teranyar, ungkap dia, menimpa Khoe Seng Seng yang diancam pidana lantaran menulis surat pembaca di Harian Kompas dan Suara Pembaharuan. Selain itu, kasus Prita Mulya Sari yang menulis keluhan di surat elektronik atas pelayanan yang diterimanya dari RS Omni Internasional Alam Sutera

Padahal, menurut dia, hak anggota masyarakat untuk menyampaikan fakta-fakta hukum yang dialaminya melalui media massa cetak maupun elektronik. “Baik dengan membuat surat pembaca ataupun menulis di milist surat elektronik,” paparnya. -c89/ahi

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA