Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

ICMI Harus Bisa Cari Solusi Terbaik untuk Bangsa

Senin 14 Mar 2011 18:48 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Didi Purwadi

Ilham Habibie

Ilham Habibie

Foto: Republika/Bambang Banguntopo

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Ketua Presidium Organisasi Pusat ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia), Ilham Akbar Habibie, Senin (14/3), membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) ICMI Organisasi Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang. Dalam sambutannya pada pembukaan Muswil yang diikuti peserta dari 12 orda dan tujuh orsat, Ilham menyerukan agar ICMI bisa mencari solusi terbaik untuk bangsa Indonesia.

“ICMI harus mampu mencari solusi terbaik bagi bangsa sehingga negara ini akan semakin maju,” kata Ilham.

Acara pembukaan dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Ketua ICMI orwil Sumsel Mahyuddin NS. Ilham Habibie mengingatkan ICMI harus bisa mencari solusi terbaik yang sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Apalagi, ICMI berasal dari kalangan cendekiawan. “Selain itu, ICMI harus menciptakan masyarakat madani yang lebih mengutamakan demokrasi dan hukum,” pesannya.

Ilham menguraikan perihal ciri masyarakat madani antara lain lebih mengutamakan musyawarah dan mufakat. Hal tersebut sesuai dengan budaya bangsa. “ICMI harus menjadi pelopor di bidang perekonomian masyarakat. Karena, hal tersebut sebagai modal utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Sementara, Alex Noerdin meminta organisasi cendikiawan yang lahir di Malang tersebut untuk menjadi garda terdepan dalam pembangunan. “ICMI juga harus bisa menjadi mitra pemerintah baik di pusat maupun daerah karena organisasi tersebut ini terdiri dari kalangan umat Islam dan berwawasan intelektual,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA