Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Musyawarah Tahap Pertama Pemilihan MRP Digelar

Senin 24 Jan 2011 10:46 WIB

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI - Musyawarah tahap pertama pemilihan calon anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk wilayah Kabupaten Jayapura, di Gedung Sanggar Kegiatan belajar, Kota Sentani, akhirnya digelar setelah ditunda beberapa kali. "Hari ini, musyawarah tahap pertama untuk Kabupaten Jayapura digelar setelah diundur beberapa kali karena masalah dana," kata Ketua Panitia Pemilihan MRP Kabupaten Jayapura, Ted J Mokay S.Sos MM di Sentani, Senin (24/1).

Ia mengatakan musyawarah pemilihan, sekaligus penetapan calon MRP dari Kabupaten Jayapura, lebih cepat dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya untuk wilayah I yang meliputi Kabupaten/kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. "Musyawarah tahap pertama seharusnya digelar pada Sabtu (17/1) lalu, tapi karena alokasi dana dari Pemerintah provinsi Papua terlambat terealisasi sehingga baru digelar hari ini," katanya.

Setelah melakukan sosialisasi tentang tata cara pemilihan anggota MRP, pendaftaran, dan verifikasi faktual terhadap para calon yang telah mendaftarkan diri ke panitia, maka tahapan terakhir yang harus dilalui calon yang lolos verifikasi adalah mengikuti musyawarah pemilihan, sekaligus penetapan calon untuk mengikuti pemilihan berikutnya. "Kepada peserta yang dinyatakan lolos verifikasi hendaknya mengikuti musyawarah tersebut," katanya.

Untuk wilayah Kabupaten Jayapura, peserta yang mengikuti pendaftaran 124 orang yang terdiri dari kelompok adat sebanyak 63 orang dan kelompok perempuan 61 orang, sedangkan mereka yang lolos verifikasi sebanyak 23 orang yang terdiri dari kelompok adat 11 orang dan kelompok perempuan 12 orang.

Sementara yang tidak lolos, dari kelompok adat ada satu orang yang tidak lolos karena faktor usia, sedangkan sisanya tidak mengurus dokumen persyaratan. Dari kelompok perempuan tercatat satu orang yang diusung beberapa organisasi tidak lolos, sedangkan sisanya tidak mengurus dokumen persyaratan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA