Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Timnas U23

Ruben Wuarbanaran, Terpikat Pada Pandangan Pertama

Rabu 19 Jan 2011 03:46 WIB

Rep: fernan rahadi/ Red: Didi Purwadi

Ruben Wuarbanaran (kanan)

Ruben Wuarbanaran (kanan)

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ruben Wuarbanaran menjadi satu-satunya pemain keturunan yang lolos seleski timnas u23 Indonesia. Meski mengalami cedera dan gagal menyelesaikan seluruh sesi seleksi, pelatih Alfred Riedl terlanjur terpikat pada pandangan pertama sehingga tetap memasukan Ruben dalam daftar 26 nama timnas u23 pra-Olimpiade 2012.

Ruben, yang memperkuat FC Den Bosch, mencuri perhatian Riedl saat mengikuti sesi latihan di lapangan timnas pada pekan lalu. Riedl spontan langsung berteriak 'bagus sekali' ketika Ruben menyarangkan bola. Mampu membuat Riedl terkesan, Ruben semakin bersemangat sehingga akhirnya mengalami cedera pangkal paha kanan di akhir sesi tersebut.

Namun, Riedl terlanjur jatuh hati pada performanya dan akhirnya memasukkannya dalam skuat pelatnas pra-Olimpiade 2012 pekan depan. "Dia membuat saya terkesan dalam latihan perdananya," ujar Riedl.

Ruben benar-benar membuat Riedl jatuh hati. Padahal, pelatih asal Austria itu sebelumnya telah mencoret tiga pemain keturunan yakni James Zaidan Saragih, Andrea Bitar, dan Arthur Irawan. Dua kakak beradik, Vincent dan Donovan Partosubroto, juga gagal seleksi.

Dengan tinggi badan 187 sentimeter, Ruben yang menempati posisi bek kiri itu memang terlihat sangat kuat dalam duel udara. Ruben juga memiliki kemampuan kaki kiri yang sangat bagus sehingga menutup kelemahan Indonesia yang sudah lama tidak menghasilkan pemain andal di posisi bek kiri.

Meskipun demikian, status Ruben masih menjadi tanda tanya besar. Dia tidak hanya belum memiliki paspor Indonesia. Tapi, Ruben juga harus mendapat izin klub untuk mengikuti pelatnas jangka panjang bersama timnas Merah Putih. Kini, pilihan sepenuhnya tergantung pada Ruben.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA