Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

John Jerome Otak Pembuat Paspor Gayus

Selasa 18 Jan 2011 04:36 WIB

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Didi Purwadi

Gayus Tambunan

Gayus Tambunan

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Buronan penyidik Polri, John Jerome Grice, merupakan otak pembuat paspor Gayus Tambunan dengan nama Sony Laksono. Saat ditemui Gayus melalui perantara Joko, John Jerome menyatakan kesanggupannya untuk membuat paspor Gayus.

"Dari keterangan Joko, John Jerome menawarkan jasa pembuatan paspor untuk Gayus," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar, di Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/1).

Ia menuturkan John Jerome telah tinggal di Indonesia sejak 2007 lalu. John Jerome, berdasarkan pengakuan Joko, bekerja sebagai konsultan bisnis.

John Jerome merupakan warga negara Amerika Serikat dengan kelahiran California pada 16 Mei 1970. Identitasnya terungkap dalam hasil pindai di Bandara Soekarno Hatta saat John akan menuju ke luar negeri.

Boy memperkirakan sebelum pergi ke luar negeri, John Jerome sempat menyerahkan paspor secara langsung kepada Gayus. Pembuatan paspor itu sendiri diduga selama sebulan.

"Pembuatan paspor diperkirakan selama Juli 2010," ujar Boy Rafli.

Polri menduga John Jerome berada di sebuah negara di Asia. Polri juga telah bekerjasama dengan interpol untuk menerbitkan red notice terhadap John Jerome.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA