Selasa 11 Jan 2011 02:14 WIB

Lahar Dingin Makin Tak Terkendali

Rep: M As\'adi/ Red: Siwi Tri Puji B
Banjir lahar dingin Gunung Merapi di Kali Code
Foto: Indra Wisnu/Republika
Banjir lahar dingin Gunung Merapi di Kali Code

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG – Banjir lahar dingin dari puncak Merapi makin tak terkendali menerjang Kabupaten Magelang. Satu orang tewas, ratusan rumah terendam dan sejumlah dusun terisolasi. Hingga kemarin siang, akibat tumpukan material vulkanik yang meluber ke ruas jalan jalur utama Magelang-Yogyakarta, membuat jalur yang biasanya padat kendaraan ini  tak bisa dilalui.

Pihak kepolisian setempat  meminta kepada pengguna jalan yang akan menuju Yogyakarta memilih jalur Salatiga-Boyolali-Klaten atau lewat Magelang-Purworejo. Sementara normalisasi  ruas jalan tersebut terus dilakukan.

‘’Banjir lahar dingin yang terjadi Ahad (9/1) malam di Kali Putih, sekitar pukul 18.45 merupakan yang terbesar,’’ ujar Maryono salah seorang staf Dinas Perhubungan setempat.

Kata Maryono, karena aliran Kali Putih yang menuju ke jembatan jalan raya Magelang-Yogyakarta masih tertutupi material pada banjir sebelumnya, aliran kembali menerobos lokasi lain. Bahkan banjir Ahad malam membuat aliran baru, yang keduanya melintas di atas ruas jalan raya Magelang-Yogyakarta dan kembali menerjang pemukiman penduduk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement