Kamis 13 Jan 2011 02:04 WIB

Pemotong tak Berfungsi, Kutil di Kaki Dede Batal Dioperasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Tim Dokter Operasi Dede si "Manusia Akar" batal mengoperasi pengangkatan kutil di bagian kedua telapak kakinya. Pembatalan karena alat pemotong kutilnya tidak berfungsi.

"Alat sejenis gerjagi untuk memotong tanduk yang keras (oscillating saw) tidak berfungsi, sehingga kami hanya berhasil mengoperasi kutil kedua telapak tangannya saja," kata anggota Tim Operasi Dede "Manusia Akar" dr Hadi Siswo, di RS Hasan Sadikin Bandung di Bandung, Rabu (12/1).

Ia mengatakan, karena alat pemotong tak berfungsi, tim dokter punmenggunakan pisau untuk menipiskan kutil di bagian kedua tangan Dede tersebut. Menurutnya, operasi pengangkatan kutil di bagian kaki Dede akan dilakukan dua minggu lagi.

"Rencananya hari ini kami akan mengangkat kutil di bagian tangan dan kaki, namun karena ada masalah tadi jadinya kami hanya melakukan operasi untuk mengangkat kutil di tangan saja. Untuk kaki, rencananya akan dilakukan dua minggu lagi," ujar dr Hadi.

Pada operasi pengangkatan kutil yang ke-14 kalinya, Tim dokter berhasil mengangkat 2,25 kilogram kutil dari kedua telapak tangan Dede Koswara (36) si "Manusia Akar".

Ketua Tim Dokter Penanganan Operasi Dede "Manusia Akar" dr Rahmat Dinata, mengatakan secara keseluruhan tim medis tidak menemukan kendala dalam operasi pengangkatan kutil di kedua tangan Dede.

Untuk proses operasi, kata Dr Hardisiswo, rata-rata berjalan sekitar dua jam. "Pukul 09.00 WIB masuk ruang operasi pukul 11.00 WIB selesai," katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement