Rabu 05 Jan 2011 05:46 WIB

Telkomsel Siaga, Menjaga, Menemani dan Melayani Pemudik

Telkom dan Telkomsel melakukan sinergi layanan saat musim musik lebaran
Foto: telkomsel
Telkom dan Telkomsel melakukan sinergi layanan saat musim musik lebaran

REPUBLIKA.CO.ID,PT Telkomsel, kembali menggelar Telkomsel Siaga bagi pemudik selama Ramadhan dan Lebaran dengan menyediakan 802 posko di sejumlah lokasi jalur mudik Sumatera, Jawa dan Bali.

"TelkomselSiaga 2010 memadukan seluruh layanan Mobile Lifestyle yang disediakan pada 802 posko siaga di sejumlah jalur mudik nasional," kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, di sela Program TelkomGrup Peduli dan Telkomsel Siaga 2010, di Jakarta, Senin.

Untuk mendukung operasional posko yang ada, dikembangkan pula posko bergerak atau posko mobile di sepanjang jalur mudik. Ada sekitar 100 posko mobile yang disiapkan Telkomsel pada tahun ini.

Posko merupakan salah satu sentra pelayanan bagi pelanggan Telkomsel yang tengah melakukan mudik ke kampung halaman. Berdasar pemantauan Telkomsel, posko TelkomselSiaga 2009 dikunjungi sekitar 90 ribu orang selama masa operasional posko.

Sarwoto menambahkan, pada TelkomselSiaga 2010 ini pihaknya lebih mengedepankan peningkatan kualitas layanan broadband. ''Dengan adanya peningkatan kualitas layanan diharapkan pelanggan dapat semakin merasakan kenyamanan dalam memanfaatkan layanan data,'' kata Sarwoto. Pelanggan layanan data Telkomsel telah mencapai 16 juta.

Broadband menjadi salah satu fokus Telkomsel tahun ini. Operator seluler terbesar di Indonesia ini, tahun 2010 mengalokasikan belanja modal hingga 400 juta dolar AS untuk pengembangan jaringan pita lebar. Belanja modal dialokasikan untuk pengembangan layanan broadband di 24 kota.

Disisi lain, Telkomsel juga terus memperluas jaringan WCDMA(3G) dengan menambah Node B (BTS 3G). Tahun ini, kata Sarwoto, akan ditambah sekitar 2.000 node B. Dengan penambahan 2.000 Node B, Telkomsel akan memiliki sekitar 6.000 node B.

Khusus untuk keperluan para pemudik, Telkomsel menyiapkan akses melalui menu *123# yang menyediakan informasi mulai dari peta mudik, posko siaga, bengkel, pos polisi, asuransi, dan konten Islami. Dikembangkan layanan baru, antara lain informasi lokasi, ATM, SPBBU menggunakan aplikasi Ovi Maps dan Google Maps.

"TelkomselSiaga merupakan program berkesinambungan setiap tahun sebagai kebutuhan dan solusi komunikasi pelanggan Telkomsel," tegas Sarwoto. Program ini telah dikembangkan sejak tahun 1997.

Layanan *123# banyak dimanfaatkan pelanggan Telkomsel. Ketua TelkomselSiaga 2010, Danny Tarigan mengemukakan tahun 2009 tercatat ada 575 juta hit ke *123#. Tahun ini, kata Danny, dilakukan serangkaian inovasi dan pengembangan pada layanan *123#.

''Dengan *123# pelanggan bisa melakukan aktivasi TelkomselCash. Kode akses yang sama bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan Ovi Maps atau Google Maps,'' ujar Danny. Berbagai konten baru dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement