Selasa 04 Jan 2011 22:29 WIB

Arkeolog: Manusia Sudah Berlayar Sejak 130 Ribu Tahun Lalu

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA- Manusia ternyata sudah bisa berlayar, jauh lebih awal dari perkiraan semula. Hal ini dikemukakan oleh sekelompok peneliti asal Amerika dan Yunani, menyusul hasil penemuan riset mereka di Pulau Kreta.

Demikian pengumuman Departemen Kebudayaan Yunani Senin (3/1) seperti dikutip RNW. Di Pulau Kreta, para arkeolog menemukan berbagai perkakas, yang diperkirakan berusia, paling tidak 130 ribu tahun.

"Penemuan ini menunjukkan, bahwa kegiatan pelayaran di Laut Tengah, sudah berlangsung puluhan ribu tahun lebih dulu, dari anggapan yang berlaku hingga sekarang," demikian pernyataan Departemen Kebudayaan Yunani.

"Penemuan ini juga akan mengubah penghitungan, mengenai kapan umat manusia sudah menguasai dan memanfa'atkan pengetahuan tersebut," demikian pernyataan tersebut.

Sejauh ini, atas dasar penemuan arkeologi terdahulu, orang beranggapan, Pulau Kreta baru dihuni manusia sekitar 7.000 tahun silam. Kelompok arkeolog Amerika dan Yunani, sedang meneliti kemungkinan Pulau Kreta juga pada masa zaman batu, sudah dihuni oleh manusia.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement