Rabu 22 Dec 2010 09:18 WIB

Arkeolog Gelap Berkeliaran di Poso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah mensinyalir banyak arkeolog yang masuk sebagai wisatawan mancanegara (Wisman) gadungan guna melakukan riset ilegal di kawasan Lembah Bada di Poso, Sulawesi Tenggara.

Peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Dwi Yani Yuniawati Umar mengatakan lembaganya gencar mensosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian dan keaslian situs Lembah Bada, Poso, Sulawesi Tenggara, kepada pemangku kepentingan di wilayah setempat.

"Mereka berlagak sebagai turis. Jadi, selain kepada aparat setempat, kita juga sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk memberitahukan betapa pentingnya menjaga keaslian dan kelestarian situs ini bagi dunia terlebih bagi bangsa Indonesia," kata Dwi Yani, Selasa (21/12).

Di kawasan tersebut, terdapat tiga lembah yaitu lembah Bada, lembah Napu, dan lembah Besoa yang di dalamnya terdapat beberapa titik peninggalan Megalitik berbentuk arca-arca dan kalamba (stone vats) yang memiliki kesamaan dengan arca megalitik yang ada di Laos.

Menurut dia, para peneliti yang datang dari luar negeri tersebut umumnya berdalih meminta izin untuk melihat keberagaman flora dan fauna yang banyak terdapat di tiga lembah wisata sejarah itu.

"Kita tekankan kembali kepada masyarakat dan aparat, jika ada yang kedapatan mencoba menggali dan mencari-cari keberadaan situs tersebut, maka kami minta untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwenang," kata Dwi Yani.

Selain arca dan kalamba, di lembah ini juga ditemukan tempayan-tempayan dari tanah liat yang diperkirakan sebagai tempat untuk mengubur mayat, semacam ritual yang dilakukan oleh manusia pada zaman dahulu.

"Ketiga lembah ini, juga pernah diajukan untuk menjadi salah satu World Heritage ke UNESCO namun belum berhasil, jadi inilah saatnya kita untuk mencoba melstarikan keasliannya wilayah tersebut," demikian Dwi Yani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement