Selasa 14 Dec 2010 17:59 WIB

Perangi Obesitas, Obama Susun RUU

Rep: c42/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Obesitas menjadi masalah bagi anak-anak di Amerika Serikat. Buruknya nutrisi makanan anak-anak menjadi penyebab utama obesitas. Presiden Amerika, Barack Obama sampai merasa perlu membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) khusus untuk mengatasinya.

Usulan RUU itu memperjuangkan layanan makan siang dan makan malam gratis di sekolah. Pada saat yang sama Michelle, istri Obama, juga memiliki program memerangi obesitas."Kita semua akan sepakat kebutuhan nutrisi dasar anak-anak negara terkaya di dunia harus terpenuhi," katanya.

Konsekuensinya, anggaran federal meningkat 4,5 miliar untuk makan gratis di sekolah-sekolah. Rancangan undang-undang juga memperluas akses program makan siang gratis. Kebijakan itu mengundang kritik, khususnya dari Partai Republik.

Sarah Palin, mantan gurbernur Alaska, mengatakan, rancangan undang-undang terlalu mahal. Malah melampaui batas kemampuan pemerintah.

Sedangkan para pendukung rancangan undang-undang menilainya sebagai langkah maju untuk menghindari melonjaknya biaya perawatan kesehatan. Tapi nyonya Obama sudah punya jawaban bagi pihak yang kontra.

Mengutip pejabat militer Amerika, Ia mengatakan, makan siang sekolah yang tidak sehat adalah ancaman keamanan nasional. Saat ini, berat badan merupakan alasan medis tertinggi yang menyebabkan seseorang ditolak masuk militer.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement