Sabtu 11 Dec 2010 07:39 WIB

Mau Gizi Anak Seimbang? Jangan Absen Susu pada Menu

Susu Segar (Ilustrasi)
Foto: WRAP.ORG.UK
Susu Segar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Susu yang memiliki empat ratus komponen nutrisi dalam menjalankan fungsi tubuh sangat membantu seimbangkan gizi anak Indonesia maupun dunia, kata ahli gizi klinis, dr. Samuel Oetoro, Ms.,SpGK. "Indonesia masih menempati urutan ke 111 dari 182 negara dalam Indeks Perkembangan Manusia dan salah satu penyebabnya masih sangat banyak masalah kesehatan terkait gizi kurang atau gizi lebih," ujar Samuel saat Peluncuran Identitas Merk Baru Frisian Flag di Jakarta, Jumat (10/12).

Menurut dia, peningkatan status gizi pada generasi muda amatlah penting. Cara paling mudah yaitu mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi asupan gizi seimbang termasuk susu yang memiliki nutrisi terbaik yang terdiri dari kalsium, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

"Konsumsi susu yang cukup, membantu anak-anak memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik dan membantu pertumbuhan tulang mereka," kata Samuel. Ia menambahkan bahwa kekurangan zat pada susu akan mengakibatkan pertumbuhan anak yang lambat.

"Konsumsi susu di Indonesia telah meningkat dari 7,7 liter per kapita per tahun (2008) menjadi 11,7 liter per kapita per tahun (2010)," ujar Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, Cees Ruygrok. Namun, ia mengatakan bahwa angka tersebut masih pada urutan terendah dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand atau bahkan Vietnam.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, jumlah kasus gizi buruk di Indonesia terus menurun dari 5,1 juta kasus pada 2004 menjadi 4,42 juta kasus pada 2005 dan pada 2007 menjadi sebesar 4,1 juta kasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement