Sabtu 11 Dec 2010 04:41 WIB

Layanan SIM Keliling Makin Diminati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jumlah masyarakat yang memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C di pelayanan SIM Keliling meningkat hingga 10 persen, karena prosesnya mudah dan cepat dengan menggunakan pelayanan SIM Keliling.

"Jumlah masyarakat yang memperpanjang SIM A dan C di pelayanan SIM Keliling semakin hari semakin meningkat, dikarenakan prosesnya mudah, cepat, efisien dan yang terpenting tidak ada calo, serta secara keseluruhan hanya menunggu sekitar 30 menit," kata Petugas SIM Keliling, Arif, di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, pihaknya sebelumnya mampu melayani sekitar 70 hingga 80 orang perhari, dan kini meningkat menjadi sekitar 90 hingga 100 orang perhari yang di dominasi dari perpanjangan SIM C.

Menurut Arif, meningkatnya masyarakat yang memperpanjang SIM di pelayanan SIM Keliling, dikarenakan prosesnya lebih cepat, efisien, hemat waktu, jaraknya dekat dengan domisili, dan tidak ada calo. "Masyarakat yang memperpanjang di pelayanan SIM Keliling di dominasi 70 persen perpanjang SIM C dan 30 persennya memperpanjang SIM A," ujarnya.

Ia menambahkan, proses pelayanan SIM Keliling pada umumnya sama dengan pelayanan di Samsat, antara lain membawa KTP dan SIM yang asli beserta fotokopinya, setelah itu mengisi formulir pendaftaran, dan menunggu untuk dipanggil ke dalam mobil pelayanan SIM Keliling untuk pemotretan, tanda tangan, dan cap jempol di komputer.

Jadwal pelayanan mobil SIM Keliling hari Senin hingga Kamis beroperasi di depan TPU Kalibata, Jakarta Selatan, hari Jumat dan Minggu beroperasi di Masjid Al- Azhar Blok M dan Gereja Santa. Setelah beroperasi, pelayanan mobil SIM Keliling kembali ke Samsat di Daan Mogot, Jakarta Barat untuk menyerahkan berkas-berkas perpanjang SIM A dan C.

Sementara itu, Rizal, perpanjang SIM C, mengatakan alasan perpanjang SIM C di pelayanan SIM Keliling, dikarenakan menghemat waktu, tenaga, lebih efisien, dan tidak ada calo.

"Saya perpanjang SIM A di pelayanan SIM Keliling, dikarenakan prosesnya cepat hanya memakan waktu sekitar 30 menit, menghemat tenaga, dan yang penting tidak ada calo," ujarnya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement