Jumat 10 Dec 2010 13:00 WIB

Darah Ibu Bisa Digunakan Untuk "Mengintip" Sakit Calon Buah Hatinya

Janin 17 pekan terlihat sedang tersenyum
Foto: Daily Mail
Janin 17 pekan terlihat sedang tersenyum

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA--Para calon orang tua bakal segera dapat mengetahui jika anak yang belum lahir mereka rentan terhadap berbagai penyakit warisan, kata beberapa peneliti. Hal itu mereka kemukakan setelah sukses mengembangkan   teknik non-invasif untuk menggambar peta seluruh gen janin manusia.

Dengan menganalisis contoh darah ibu, yang berisi DNA dari janin, ilmuwan di Hong Kong dan Amerika Serikat mampu mengidentifikasi semua untai DNA milik anak dan potongan-potongan itu secara bersama-sama.

'Sebelum ini, orang hanya bisa melihat satu penyakit pada satu waktu tetapi sekarang Anda dapat membangun sebuah layar untuk sejumlah penyakit yang lazim dalam populasi tertentu," kata penulis utama hasil penelitian, Dennis Lo, profesor kedokteran dari Chinese University  di Hong Kong.

Terobosan  tim peneliti itu menemukan bahwa plasma ibu memegang seluruh genom janin. Sebelumnya, hanya bagian dari DNA bayi itu diduga berada di darah ibu.

'Sekarang kita tahu genom seluruh janin di sana, Anda dapat mencari setiap penyakit yang diturunkan secara genetik,"  kata Lo.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine pada hari Kamis, merekrut beberapa responden untuk menjalani diagnosis prenatal untuk kelainan darah yang turun-temurun, beta-thalassemia.

'Dalam darah ibu, 90 persen DNA dia sendiri ... dan 10 persen adalah milik bayi. Setengah dari genom janin adalah dari ayah dan separuh dari ibu," kata Lo.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement